Lebaran di Komplek Perumahan , Sepi Minim Penghuni

image

Bekasimedia – Kecamatan Setu adalah 1 dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi, berbatasan dengan Kecamatan Cileungsi Bogor di bagian selatan dan Mustika Jaya serta Bantargebang di bagian barat. Dulu tahun 1990-2000an awal, di daerah ini masih minim komplek perumahan, baru sekitar tahun 2005 komplek perumahan mulai bermunculan dan tumbuh bagai jamur.

Saat ini, kecamatan yang berdekatan dengan kawasan industri MM2100 ini sudah menjelma menjadi daerah hunian dan tempat favorit bagi kaum urban. Ribuan keluarga muda menempati berbagai komplek perumahan yang tersebar di desa Lubangbuaya, Cijengkol, Burangkeng, Cileduk dan yang lainnya.

Di musim liburan Idul Fitri seperti ini, kecamatan Setu kembali lengang seperti saat komplek-komplek perumahan itu belum ada. Jalanan sepi, kendaraan yang lalu lalang tak seberapa. Komplek perumahan berubah menjadi deretan rumah tanpa penghuni. Dalam satu deret panjang, hanya ada 1 hingga 2 penghuni yang bertahan.

Hal ini seperti diakui Rahmah Sukarsih (55), warga perumahan Graha Mustika Media yang terletak di Desa Lubang Buaya, “disini pasti sepi kalau lebaran. Pada pulang kampung semua. Terus yang gak pulang kampung juga biasanya main ke saudaranya atau main ke mall,” akunya.

Dari pantauan Bekasimedia pada Jumat siang (17/7/15) di perumahan GMM, dari pintu gerbang hingga Blok yang paling belakang memang sangat minim aktivitas warga, hanya 1-2 rumah yang masih terbuka pintu rumahnya.

“Saya sih biasa lebaran disini, soalnya anak-anak udah berkeluarga dan tinggal di Bekasi juga. Terus di kampung juga udah gak ada orang tua, lagian deket di Karawang. Kapan aja bisa asal ada uang,” ujar ibu yang membuka usaha jahit di perumahan GMM Blok N1/A nomor 10 ini.

“Yah mungkin tetangga yang lain juga gak bisa mudik tiap tahun kalau anaknya udah gede-gede ya. Gak apa-apa sih sepi juga, moga aja aman. Gak ada yang kemalingan,” tutup Rahmah Sukarsih. (eas)

Be the first to comment on "Lebaran di Komplek Perumahan , Sepi Minim Penghuni"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*