Ini Sikap Aliansi Alim Ulama Indonesia Atas Insiden Tolikara Papua

image

Bekasimedia – Aliansi Alim Ulama Indonesia (AAUI), yang beranggotakan ulama dari berbagai latar belakang seperti KH. Shohibul Faroji Azmatkan, KH. A. Cholil Ridwan, KH. Bachtiar Nasir, Brigjen Polisi (Purn) Supriyadi dan yang lainnya menyampaikan sikap resmi terkait insiden di Tolikara, Papua.

Sikap resmi presidium AAUI disampaikan langsung oleh salah satu anggota presidium yang juga senator Jakarta, Fahira Idris pada jumat sore (17/7/15) melalui keterangan tertulisnya. Berikut adalah isi dari sikap presidium AAUI;

1. Sangat menyesalkan yang sedalam-dalamnya dengan terjadinya Insiden Tolikara, yang meretakkan kerukunan Umat Beragama di Indonesia.

2. Mengutuk keras kelompok penyerang yang telah melanggar hukum dan prinsip-prinsip toleransi di negeri ini. Apalagi dengan semakin besarnya toleransi yang diberikan oleh kaum muslimin. 

3. Mendesak aparat keamanan (Polri) segera menangkap para pelakunya dan memproses mereka secara hukum dengan secepat-cepatnya. 

4. Menghimbau para tokoh muslim agar menenangkan dan mengontrol umat dan anggotanya untuk tidak melakukan tindakan pembalasan. 

5. Mendesak majelis agama dan para tokoh kristen agar serius mendidik umatnya untuk menghargai hukum dan  toleransi yang diberikan oleh kaum muslimin yang mana mereka mayoritas mutlak di negeri ini.

6. Menghimbau semua pihak agar mewaspadai pihak-pihak tertentu yang bermain, mengadu domba antar umat beragama dan menjadikan sentimen agama sebagai komoditas politik, yang akan merusak stabilitas nasional.

7. Meminta Dewan Gereja Indonesia memanggil pengurus GIDI, minta pertanggung jawaban atas suratnya, memberi sangsi tegas terhadap oknum pengurus GIDI dan menyerahkan mereka ke pihak yang berwajib.

8. Menghimbau kepada tokoh-tokoh Islam, Kristen dan agama-agama lain, agar mengedepankan kerukunan antar umat beragama dan menjaga toleransi beragama, dalam rangka untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang beradab dan berkemanusiaan. (yp)

Be the first to comment on "Ini Sikap Aliansi Alim Ulama Indonesia Atas Insiden Tolikara Papua"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*