Mengenal IKS.PI Kera Sakti, Perguruan Silat di Kota Bekasi

kera sakti

Bekasimedia – Melebihi olahraga, Silat adalah budaya, seni beladiri asli Nusantara. Setiap daerahnya mempunyai jurus-jurus, kekhasan dan beragam perguruan silat dengan segala keunikan lainnya.

Salah satu Perguruan Silat di Bekasi yang masih ada dan terus berkembang adqlqh IKS.PI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia Kera Sakti). Perguruan ini didirikan pertama kali di Madiun Jawa Timur pada 15 Januari 1980. Pendiri perguruan sekaligus guru besarnya adalah, RM Totong Kiemdarto. Saat ini Ketua Umum Perguruan dipimpin oleh Bambang Sunarja.

Pada tahun 1999. Tepatnya di Ciketingudik Kota Bekasi, perguruan silat ini mulai disebarluaskan di Bekasi oleh para pelatih yang kini menjadi ketua IKS.PI Kera Sakti Kota Bekasi, bernama Muhamad Ninjar Ast, Al-Fath atau biasa disapa Ustad Ninjar.

Aliran Perguruan Silat ini merupakan gabungan tendangan dan pukulan yang dirangkai menjadi satu jurus menyerupai gerakan seekor kera. Keunikan Perguruan IKS.PI KERA SAKTI ini tidak dimiliki bisa Silat juga Kung Fu, dengan semboyan “DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT”.

Sejak berdirinya IKS.PI KERA SAKTI di Kota Bekasi pada tahun 1999, kegiataan rutin seperti, Pelatihan bersama, O2SN, Tryout, BAKSOS, Kejuaraan Silat, Seremonial, Pawai HUT Kota Bekasi, Pawai MTQ, Festival Seni budaya, Kongkow Silat, dan Pembinaan Atlet adalah beragam kegiatan yang pernah diikuti.

“Disetiap kegiatan selalu terdepan, seperti halnya Festival IPSI Juara I dan pertandingan CUP Bogor pada tgl.22-24 Mei 2015. Para Atlet Meraih 5 Emas, 4 Perak dan 1 Perunggu. Pada bulan Agustus 2015. siap tanding di UNJ Jakarta,” ujar Ustad Ninjar kepada Bekasimedia, Rabu (15/7/15).

“Target dari sqya selanjutnya, untuk para siswa dan khususnya Atlet latihan rutin adalah persiapan untuk ajang pertandingan PORDA JABAR 2018. Selain itu dalam pembinaan terutama para siswa/atlet dilatih-terlatih untuk disiplin, tanggung jawab, berakhlak baik, menjaga silat budaya Indonesia, berjiwa patriot demi keutuhan NKRI,” imbuh Ustad Ninjar.

Ustad Ninjar juga menegaskan bahwa NKRI harga mati. Di akhir perbincangan, Ustad  Ninjar mengucapkan selamat idul fitri, “kami keluarga besar IKS.PI Kota Bekasi mengucapkan Selamat Idul Fitri 1436 H. Taqabalallau minna wa minkum,” tutup Ustad Ninjar. (eas)

Be the first to comment on "Mengenal IKS.PI Kera Sakti, Perguruan Silat di Kota Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*