Pohon Glodokan: Peredam Suara Bising di Lingkungan PT PJB

Pohon Glodokan

Bekasimedia- Dengan mengusung konsep ramah lingkungan, PT. Pembangkit Jawa-Bali (PT PJB) selalu bisa mengembangkan inovasi. Selain menciptakan lingkungan yang nyaman dengan melakukan daur ulang barang bekas hingga dapat dipergunakan kembali selalu diterapkannya, kenyamanan para pekerja juga tak kalah pentingnya. Hal ini telah berlangsung selama satu tahun.

Setelah semua inovasi tersebut, PJB juga melakukan pembibitan pohon Glodokan (Polyathea longifolia) di Green House yang dalam proses pengairannya menggunakan tenaga surya. Pohon glodokan sendiri berasal dari India yang dalam prosesnya dibawa oleh pedagang India ke Indonesia. Pohon tersebut banyak ditemui di pinggir jalan, hutan kota dan tentunya di dataran rendah dengan tanah yang gembur. Bentuknya menyerupai piramida simetris dengan daun yang hijau glossy menutupi batangnya. Tingginya bisa mencapai lima hingga delapan meter dengan akar yang tertanam dengan kuat ke bawah.

Alasan PT. PJB melakukan pembibitan pohon glodokan dan menanamnya di lingkungan perusahaan, karena selain menghasilkan oksigen tentunya juga dapat menyerap CO2 dan timbal yang berlebih. Lebih dari itu, pohon glodokan sendiri memiliki keistimewaan lain yakni dapat meredam suara bising yang dihasilkan oleh aktivitas perusahaan. Itulah mengapa tidak jarang pohon glodokan didapati di pinggir jalan raya. Selain itu pohon ini juga mudah untuk dikembangbiakkan. Banyak sekali manfaat dari pohon glodokan ini dan bisa jadi rekomendasi yang bagus untuk ditanam di sekitar lingkungan Anda. (JJ3)

Be the first to comment on "Pohon Glodokan: Peredam Suara Bising di Lingkungan PT PJB"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*