Warga Keluhkan Kondisi Rengasdengklok, Inilah Upaya Pemda Karawang!

image

Bekasimedia – Rengasdengklok adalah kota kecil di daerah utara Kabupaten Karawang, kecamatan yang terkenal karena tercantum dalam sejarah perjuangan negeri ini meraih kemerdekaan.

Di kota kecil ini, Duet Pahlawan Proklamasi, Soekarno-Hatta sempat “diculik” dan disembunyikan oleh kalangan pemuda pada tanggal 16 Agustus 1945, sehari menjelang Indonesia diproklamirkan.

Kini, kondisi kota kecil bersejarah ini jauh dari kata nyaman. Pasar tumpah, macet dan sampah menghiasi hampir seluruh sudut kota. Tak ada lagi jalur pejalan kaki yang nyaman dilalui, toko-toko tertutup oleh pedagang kaki lima. Jika mengendarai kendaraan roda empat dari arah selatan, maka akan butuh lama hingga selesai melintas dan keluar ke arah utara. Jika naik kendaraan umum, maka tak pernah tahu, perjalanan akan berakhir dimana, karena tidak adanya terminal yang jelas.

Netizen Rengasdengklok di grup facebook Karawang Info mengeluhkan kondisi ini, “kapan ya, Rengasdengklok ku bisa menjadi lebih tertib,” tulis Budi Herlan Felani, warga Rengasdengklok yang kini tinggal di kecamatan Klari Karawang.

Sementara itu staf protokoler Plt Bupati Karawang Cellica Nurachdiana, Nanang Sunandar yang berhasil bekasimedia hubungi, Jumat (10/7/15) menjelaskan bahwa Pemda Karawang tidak berdiam diri dengan kondisi ini.

“Sebelumnya telah dilakukan mediasi dengan para pedagang di pasar Rengasdengklok, masih sulit untuk mencari titik temu, sebagian setuju pasar direlokasi dan dipindahkan, sebagiannya tidak setuju. Namun kami terus berusaha mencari jalan keluar,” ujar pria yang lahir dan dibesarkan di Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok ini.

Upaya perbaikan dengan membangun kota kecil ini juga ada, “sudah dibangun jembatan penghubung antara lokasi pasar yang menembus ke samping sekolah BPK Penabur ke jalan utama. Terus jalan sepanjang irigasi itu dilebarkan. Nantinya jalan dan  jembatan itu menjadi akses menuju Pasar Baru yang terletak di areal pesawahan belakang kampung Karanganyar,” imbuh Nanang.

Nanang melanjutkan bahwa desain pasar dan terminal sudah ada maketnya di dinas terkait, “kita berdoa saja mudah-mudahan pasar dan terminal Rengasdengklok cepat selesai pembangunannya, tutup Nanang. (eas)

Be the first to comment on "Warga Keluhkan Kondisi Rengasdengklok, Inilah Upaya Pemda Karawang!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*