Inilah Tips Menukar Uang Receh Untuk Lebaran

image

Bekasimedia – Memasuki sepekan jelang lebaran, jasa penukaran uang receh semakin banyak berjejer di sepanjang Jalan KH Noer Ali, sampai Cibitung.  Beberapa pengendara mobil dan motor pun tidak sedikit menggunakan jasanya.

Manulang, salah satu yang menawarkan jasa uang receh menuturkan biasanya orang-orang yang berlebaran butuh uang receh untuk dibagikan ke anak-anak atau untuk bayar zakat.

“Ya untuk bayar zakat sama dibagikan ke anak-anak keluarga dan tetangga,” ujar Manulang kepada Bekasimedia, Kamis (9/7/15).

Namun bagi para konsumen, hendaknya berhati-hati dalam melakukan transaksi penukaran uang. Mengingat beberapa pekan yang lalu, Polresta Bekasi sempat menemukan kasus uang palsu beredar.

Nah untuk menghindarinya, Dosen Fakultas Ekonomi IBM Asmi Jakarta, Herdianawati memberikan tips bagaimana menukar uang yang aman.

Pertama, siapkan uang yang ditukarkan dengan rapih. Hal itu supaya tidak tercecer dan tidak menjadi pusat perhatian saat hendak menukarkan. Kedua, tukarkan ditempat yang resmi oleh Bank Indonesia untuk menghindari resiko uang palsu.

“Tukar ditempat yang resmi yang sudah ditugaskan oleh Bank Indonesia untuk menghindari adanya resiko uang palsu, antara lain BCA, Bank Mandiri, BRI, Cimb Niaga, Bank DKI, BNI, BJB, BTN, Panin Bank dan Bank Permata,” katanya.

Ketiga, harap antri yang tertib sesuai dengan antrian. Keempat, setelah ditukarkan simpan di tempat yang aman seperti tas yang aman untuk antisipasi adanya kejahatan.

Keenam, jika terpaksa harus menukar uang di pinggir jalan, pelajari dulu ciri-ciri uang asli, bersikap tenang, turun dari kendaraan dan jangan terburu-buru.

Itulah beberapa tips penting dari Herdianawati, selamat untuk berbagi kepada sesama saudara di kampung bagi yang pulang kampung. (yp)

Be the first to comment on "Inilah Tips Menukar Uang Receh Untuk Lebaran"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*