Budidaya Lele Sangkuriang Desa Pantai Makmur, Harumkan Program CSR PJB

Hasil-Olahan-Lele-Desa-Binaan-PJB

Bekasimedia- Haji Effendi beserta 50 warga yang tinggal di Pantai Makmur, Kecamatan Tarumajaya-Bekasi, yang telah melalui tahap pembinaan oleh pihak PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar dalam mengembangkan usaha lele sangkuriang yang bernama “Harum” kini tengah berusaha mengembangkan dan  dan mendistribusikannya ke luar wilayah kecamatan. Budidaya Lele sangkuriang “Harum” ini telah berjalan selama dua tahun.

Anggota kelompok binaan PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar dalam program budidaya lele, pada awalnya sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Perubahan cuaca yang cepat dan sulit diprediksi menyebabkan kerentanan meningkat, terutama bagi masyarakat nelayan yang sangat bergantung dengan keadaan cuaca dan ekosistem pesisir. Keadaan alam yang tidak menentu serta jumlah tangkapan yang terus menurun menimbulkan penurunan penghasilan yang dapat mengancam ketahanan sosial ekonomi masayarakat nelayan.

Sedangkan, Effendi merupakan seorang yang berlatar belakang akademisi awalnya berharap dapat membangun sekolah di lahan kosong yang ia miliki. Namun untuk mengisi kekosongan lahan, Haji Effendi akhirnya kini menggarap beberapa tambak yang diisi berbagai ikan yang saat itu digelutinya sebagai hobi. Ia meyakini bahwa itu merupakan langkah awal untuknya agar bisa meraih kesuksesan di bidang lainnya, meski hal ini jauh dari profesinya sebagai pengajar.

Ikan lele yang dibudidayakannya merupakan lele sangkuriang. Hingga kini menjadi pembudidaya ikan lele merupakan bagian dari profesinya selain menjadi guru. Hal ini membuat Haji Effendi berniat untuk mengembangkan sisi perekonomian masyarakat Desa Pantai Makmur dan tentunya dibantu oleh tim CSR PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar yang melakukan pelatihan, pemberian alat-alat, dan pengembangan usaha.

Untuk mengembangkan usaha, Haji Effendi telah memberanikan diri untuk meminjam uang ke bank Mandiri Syariah diikuti dengan 10 masyarakat untuk memenuhi kebutuhan produksi ikan lele. 220 juta rupiah pun berhasil Haji Effendi dapatkan dan beliau berani mengajukan dirinya sebagai jaminan. Dengan kegigihannya, usaha budidaya lele mampu berkembang dan mendapat kontrak untuk mensupply lele ke Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda Jakarta. Hal ini membuat kelompok harus dapat menjaga produktivitas dan kualitas lelenya.

Varian Olahan Ikan Lele “Harum”

Ikan lele, tidaklah melulu diolah dengan cara digoreng atau pun dibakar. Kini dengan kreativitas para masyarakat Desa Pantai Makmur, ikan lele dapat diolah menjadi Stick Lele, Abon daging dan tulang, Kerupuk Lele, Nugget, Siomay, Baso, Mie, Bolu, hingga Sandwich yang terus dikembangkan dan diproduksi sesuai dengan keinginan pasar dengan nama produk “Harum”.

Hidangan berbahan Lele yang unik dan menarik ini diolah tanpa formalin dan telah teruji klinis. Kini olahan yang menjadi favorit merupakan Stick Lele yang bergizi begitu pula dengan Abon Tulang Lele yang kaya akan Omega 3.

Perkembangan Ekonomi Masyarakat Desa Pantai Makmur

Berkat pengarahan Haji Effendi dan pelatihan dari PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar, perekonomian masyarakat Desa Pantai Makmur pun meningkat dan mandiri. Kini budidaya ikan lele tersebut telah tersebar di empat desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Apalagi pendistribusian varian olahan ikan lele tersebut akan segera disebar ke berbagai daerah juga tidak menutup kemungkinan ke seluruh Indonesia.

Peran CSR PT Pembangkit Jawa-Bali

Masuk dalam program kerja CSR, PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar pun mendukung kegiatan budidaya ikan lele yang digagas oleh Haji Effendi sehingga  masyarakat pun mendapat pelatihan dan alat-alat yang diperlukan untuk mengolah ikan lele tersebut. Tidak hanya itu PT Pembangkitan Jawa-Bali UP Muara Tawar juga telah membuat kemasan yang menarik dan saat ini, kelompok yang di ketuai oleh Haji Effendi telah memiliki sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, sehingga berbagai produk olahan lele siap untuk dipasarkan di mana saja. Selain itu hal ini CSR PJB lakukan dalam rangka peningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan yang berada di Ring 1. (JJ3)

Be the first to comment on "Budidaya Lele Sangkuriang Desa Pantai Makmur, Harumkan Program CSR PJB"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*