PPDB Online Bermasalah, Kantor Bupati Bekasi Digerebek Ratusan Orang Tua Siswa

image

Bekasimedia – Hari pertama pendaftaran sekolah online di Kabupaten Bekasi diwarnai dengan penggerebekan kantor Bupati, Rabu (01/07/16) siang.

Para orang tua kecewa karena anak mereka tidak bisa mendaftar online disebabkan eror saat input Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Sebanyak 400 orang tua siswa yang berasal dari berbagai wilayah di kabupaten, mendatangi kantor bupati dan meminta bertemu langsung dengan Neneng Hasanah Yasin. Sayang, bupati saat itu sekitar jam 13.30 siang sudah tidak ada di ruang kerjanya dan hanya ditemui petugas keamanan.

Sebelum mendatangi kantor bupati, para orang tua sudah mengadukan masalah tersebut ke pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dukcapil) sebagaimana yang direkomendaskan pihak sekolah, tapi hanya ditanggapi dengan menyuruh klarifikasi ke Dinas Pendidikan (disdik).

Naasnya, dari pihak disdik justru meminta para orang tua kembali ke dukcapil untuk klarifikasi perihal kondisi Kartu Kaluarga (kk) yang menjadi acuan input calon siswa baru.

“Kita ini dari pagi tidak ada kepastian, dari dukcapil diminta ke disdik, dari disdik ke dukcapil, sampai kapan begini, apa solusinya? Sudah dari pagi kita disini dan gak ada kejelasan, lebih baik kita adukan langsung ke bupati biar clear,” pungkas Fredy salah seorang dari ratusan orang tua yang kecewa.

“Yang kita inginkan cuma satu, anak kami bisa daftar sekolah hari ini, masa bodo mau pakai cara apa, kalau memang sistem online belum siap, lebih baik ditangguhkan dulu,” ungkapnya.

Setelah melalui tahap negosiasi, para orang tua diberikan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Sekretaris Daerah (sekda), Muhyidin beserta kepala Disdik dan kepala Dukcapil juga hadir tim IT dari Telkom.

Dalam keterangan mereka, dijelaskan ada beberapa kriteria eror dan penyebabnya, namun dipastikan semua error bisa ditangani besok, Kamis (02/07/16). Saat ditanya jaminan bahwa besok sudah bisa daftar online, kepala disdik Asep Saepulloh menjawab diplomatis dan membeberkan nomor telepon selulernya kepada orang tua siswa.

Suasana diskusi di ruang rapat dinas sempat memanas, namun orang tua siswa akhirnya bubar setelah menerima penjelasan dari sekda dan jajarannya. (Mk)

1 Comment on "PPDB Online Bermasalah, Kantor Bupati Bekasi Digerebek Ratusan Orang Tua Siswa"

  1. Kami dari msyarakat juga merasa bingung dengan PPDB kali, mengenai kriteria seleksi calon peserta didik, masalahnya ada warga dengan nilai lebih tinggi dari nilai yang masuk minimal. Mohon Penjelasan pihak terkait. web ling PPDb saya lampirkan.
    Hasiil selesi sementara : http://ppdb.bekasikab.go.id/#!/040001/hasil/seleksi/p/42020001-20/1/simple

    Peserta yang dinyatakan belum diterima disekolah pilihan

    http://ppdb.bekasikab.go.id/#!/040001/detil/p/23810400010133

Leave a comment

Your email address will not be published.


*