Bau Mulut Saat Puasa? Inilah 9 Kiat Mengatasinya

Mulut

Bekasimedia – Saat menjalankan ibadah puasa tentu terjadi perubahan pola makan dan minum. Sementara kandungan air liur saat siang hari berkurang dan mulut menjadi kering.

Menurut Drg. Merry Rachmawati, hal itu lah yang membuat bau mulut kerap kali muncul saat berpuasa, “akibatnya terjadi peningkatan bakteri di dalam mulut dan menimbulkan bau mulut,” kata dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran ini.

Nah, untuk mengatasi bau mulut Drg. Merry memberikan kiat kepada bekasimedia pada Senin siang (29/6). Berikut 9 kiatnya agar mulut tetap segar dan baunya terjaga;

1. Jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dengan metode yang benar setelah sahur dan sebelum tidur malam. Ikuti juga dengan menyikat lidah karena lidah bisa menjadi tempat penumpukan sisa makanan dan bakteri.

2. Lakukan flossing dengan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi.

3. Minum air putih minimal 1 liter per hari atau 8 gelas-10 gelas saat sahur dan berbuka untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.

4. Konsumsi makanan yang mengandung serat/fiber alami seperti sayur-sayuran untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Konsumsi juga buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, pir, apel, melon dan vitamin A seperti wortel untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan dalam mulut serta merangsang produksi air liur.

6. Hindari makan secara berlebihan makanan yang merangsang seperti bawang-bawangan, durian, petai, jengkol.

7. Jangan berlebihan dan terlalu sering menggunakan obat kumur terutama yang mengandung alkohol karena akan membuat mulut semakin kering serta mematikan koloni bakteri baik yang ada di dalam mulut sehingga memperparah bau mulut.

8. Hindari merokok dan minuman beralkohol yang dapat memicu peradangan gusi (gingivitis)  dan jaringan pendukung (periodontitis) sehingga memperparah bau mulut. Alkohol juga dapat menurunkan produksi air liur yang akibatnya bakteri jahat di dalam mulut bertambah banyak.

9. Apabila ada yang harus dilakukan tindakan perawatan gigi dapat dilakukan setelah berbuka puasa.

Selamat mencoba, dan tetap jaga terus kesehatan mulut dan gigi, agar tetap segar. (yp)

Be the first to comment on "Bau Mulut Saat Puasa? Inilah 9 Kiat Mengatasinya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*