Timun Suri: Si Buah Primadona  di Bulan Ramadan nan Kaya Manfaat

image

Bekasimedia – Banyak varian makanan dan minuman yang menjadi khas di bulan Ramadan, salah satunya timun suri atau Curcumis Lativus. Timun suri yang merupakan anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae) sebenarnya bukan buah musiman karena dapat ditanam kapan saja. Namun seolah telah menjadi ikon Ramadan, maka keberadaannya akan lebih mudah ditemukan saat bulan Ramadan.

Dilansir dari beberapa sumber, timun suri bukan hanya khas menjadi menu favorit saat buka puasa, buah ini juga mempunyai banyak kandungan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Buah yang bertekstur lembut dan mengandung banyak kandungan air ini mempunyai kandungan glukosa dan fluktosa. Dua zat yang mudah larut dalam air sehingga saat mengonsumsinya, kita akan mendapat asupan energi dengan cepat dan tubuh menjadi segar kembali. Selain itu, serat alami yang dimiliki buah ini juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah kanker karena mengandung senyawa saponin.

Kandungan vitamin yang ada dalam mentimun suri adalah vitamin A dan C. Vitamin A sendiri berguna untuk merawat kesehatan mata. Sementara vitamin C bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbarui jaringan kulit yang rusak. Sementara itu, timun suri juga mengandung antioksidan dan asam linoleat yang berguna untuk mencegah radikal bebas hingga penuaan dini.

Mentimun suri mempunyai banyak manfaat dan cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Timun suri juga bisa dijadikan peelengkap menu buka puasa Anda. Namun demikian, tetap dianjurkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.  (anr)

sumber foto: manfaattanaman.net

Be the first to comment on "Timun Suri: Si Buah Primadona  di Bulan Ramadan nan Kaya Manfaat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*