Silang Pendapat PPDB Online Kota Bekasi Mulai Muncul

Daddy

 

Bekasimedia – Polemik PPDB online mulai bermunculan mengingat tahun ini ada revisi PPDB online menjadi dua tahap, yakni jalur umun 90% dan lokal 10%. Sekretaris komisi D, Daddy Kusrady mengakui PPDB online yang berubah jadi dua tahap itu disesalkannya, padahal sudah berjalan dua tahun.

“Hanya yang kita sesalkan kenapa online 100% yang sudah berjalan 2 tahun mulus murni, telah dijadikan rujukan kota kabupaten lain di Indonesia dan dapat pengakuan dan penghargaan kemendikbud saat itu. Diubah menjadi 100% on line dengan 2 tahap, yaitu umum 90% (85 % Kota Bekasi dan 5% luar Kota Bekasi) ditambah 10% jalur lokal,” kata Daddy melalui pesan singkatnya kamis malam (25/6).

Menurut anggota dewan dari Fraksi PKS ini, sistem dua tahap itu masih menimbulkan kerancuan pemahaman, terutama pada tokoh masyarakat saat sosialisasi zoning dilakukan oleh lurah dan camat.

“Kalau dikatakan melanggar Perda No 14 tahun 2014 mah tidak. Karena bunyinya online 100 %. Di sana tidak tertulis secara eksplisit tahapannya. Jadi multi tafsir 90% dan 10% pun itu online, dengan NEM ditambah NIK ditambah pasword,” lanjut Daddy menjelaskan.

Beda lagi dengan Pergub No 51 tahun 2015, menurut Daddy hal ini tidak melanggar walaupun di pergub tersebut formulasi online-nya umum 70% dan 30% (10% prestasi, 10% miskin, 10% lokal). Hal itu lebih dikarenakan ada 23 kota kabupaten di Jawa Barat yang tidak sama kondisi peserta dan sarana dinas pendidikannya, mengingat masih ada kearifan lokal di sana.

“Namun bagi kota kabupaten yang sudah menggunakan PPDB online tahun-tahun sebelumnya dan berjalan dengan baik. Boleh melanjutkan dengan perda atau perwal yang ada,” katanya.

Dirinya beserta komisi D DPRD Kota Bekasi berharap, PPDB olnine ini berjalan murni seperti dua tahun sebelumnya. “Kita berdoa agar usaha ikhtiar kita, kemitraan dewan khususnya komisi D dengan disdik dalam PPDB online berjalan murni dan konsisten seperti 2 tahun yang lalu,” katanya berharap (yp)

Be the first to comment on "Silang Pendapat PPDB Online Kota Bekasi Mulai Muncul"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*