Sadar Kiamat Sudah Dekat, Ratusan Jomblo Ikut Kajian Pra Nikah

Bekasimedia – Ratusan pemuda dan pemudi berstatus “Jomblo” alias belum menikah menghadiri kajian pra-nikah yang diprakarsai oleh Komunitas Indonesia Mendunia pada akhir pekan kemarin, Ahad (21/06). Komunitas sekaligus yayasan yang dipimpin oleh ustad muda, Lukman Hakim ini bekerjasama dengan Sinergi Komunitas Bekasi menggalang peserta baik anggota komunitas maupun masyarakat luas yang belum menikah.

“Merupakan suatu bagian yang sangat penting dalam diri pemuda, mengingat perusakan moral pemuda makin marak, sedangkan untuk menikah mereka dipersulit,” ujar Lukman Hakim menyampaikan keprihatinan kondisi masyarakat muda di Indonesia akhir-akhir ini.

Mahasiswa semester 3 LPIA Jurusan Syariah ini juga menyampaikan urgensi membentuk keluarga islami adalah awal membangun generasi Indonesia ke depan dengan peradaban yang berakhlak baik sesuai tuntutan Al Qur’an dan As Sunnah.

Ustadz Prasetyo Rudi Hartono Al-Hafizh, selaku pengisi materi utama, memaparkan rangkaian pengetahuan yang berhubungan dengan Psikologi Pernikahan.

“Menikah itu untuk membentengi akhlak dan menundukkan pandangan,” ulas Ustadz Prasetyo menjelaskan salah satu tujuan menikah.

Lelaki yang juga pernah menjadi ketua formatur QSC – Qur’anic Student Center, Komunitas Pelajar Pencinta Al Qur’an ini menyampaikan poin-poin  bagaimana melaksanakan Pra-Nikah, yaitu :

  1. Mempersiapkan Mental
  2. Melobby Orang Tua untuk mendapatkan SIM – Surat Izin Menikah
  3. Cara Mencari Pasangan
  4. Kriteria yang menyenangkan
  5. Ta’aruf atau perkenalan antar kedua calon.

Beragam tanggapan muncul dari peserta, baik yang laki-laki maupun perempuan, “Ustadz pertama bahas pernikahan dari kaca mata psikologi, dari mulai proses ta’aruf hingga nikah secara detail. So far bagus kok, bahasanya nyampe kalau tuk umum. Gak tinggi-tinggi,” kata Ummy (23) salah satu peseta kajian wanita, saat wawancara dengan Nuri, koordinator acara.

“Acaranya bagus, mengedukasi pemuda untuk mempersiapkan pernikahan, tahapan-tahapan untuk mencapainya dan makna penting dalam sebuah pernikahan,” ujar Muhammad Irfan Nail, menyampaikan kesannya.

jomblo seminar

 

Acara ini di fasilitasi oleh Ahmad Baidillah Thariq Barra, seorang pengusaha muda religius yang tak asing lagi dikalangan penggiat dakwah dan sosial kemanusian di Kota Bekasi. Mengambil tempat di kediamannya, rumah dwngan ruang keluarga luas yang mampu menampung 105 orang peserta kajian.

Tampaknya bangunan mewah dengan sebutan Gedung Binaul Ummah yang berlokasi Perumahan Margahayu Jaya D2700, Bekasi Timur ini sering digunakan sebagai kegiatan-kegiatan pengajian yang positif. (ry)

 

1 Comment on "Sadar Kiamat Sudah Dekat, Ratusan Jomblo Ikut Kajian Pra Nikah"

  1. waaah berarti yang ga sadar ada kiamat, ga ikutan dong

Leave a comment

Your email address will not be published.


*