Pesantren Kilat Masjid At Taqwa Sapta Pesona Jati Asih Sertakan Materi Kepenulisan & Fotografi

tarhib ramadhan

Bekasimedia – Mengisi kegiatan Ramadhan 1436 H, DKM Masjid At Taqwa, Sapta Pesona Kelurahan Jatiluhur Jati Asih mengadakan serangkaian kegiatan yang ditujukan kepada anak dan remaja yang tinggal di sekitar komplek perumahan yang terletak di Jalan Parpostel Kota Bekasi tersebut.

Ada Pesantren Kilat Ramadhan, Lomba Hafalan Surat Pendek, Lomba Menulis Surat Untuk Orang Tua dan Cerdas Cermat Islami.

Pada hari Sabtu-Ahad (20-21/06), serangkaian acara itu dibuka dengan menggelar Pesantren Kilat Ramadhan. Seratusan lebih anak usia kelas 5 SD hingga kelas 12 SMA berkumpul di Aula Gedung Serba Guna yang terletak di samping masjid. Kegiatan berlangsung dari jam 8 pagi hingga buka puasa bersama.

Tak hanya menerima materi keislaman dari para Ustadz dan pengurus Remaja Masjid, peserta juga mendapatkan materi umum lainnya seperti pengenalan terhadap dunia tulis menulis dan fotografi.

“Kami sengaja memberikan sesi menulis dan fotografi agar anak-anak tahu dan mengenal dasar-dasar menulis, mau belajar menulis, teknik dasar jurnalistik dan juga bisa mengenal keindahan alam ciptaan Allah melalui fotografi,” ujar Syamsudin, pendamping remaja di Jati Asih yang mengusulkan materi kepenulisan dan fotografi kepada pengurus remaja masjid.

“Mungkin kedua materi ini kurang begitu diperdalam, karena sekolah formal fokus dengan ujian nasional yang mengejar angka-angka berbasis soal pilihan ganda,” lanjut Syamsudin.

Sesi kepenulisan pada hari Ahad (21/06), diisi oleh pemateri dari Bekasimedia, Enjang Anwar Sanusi, yang memotivasi anak dan remaja peserta pesantren kilat untuk menyukai dan terbiasa dengan kegiatan tulis menulis.

Enjang memberikan materi singkat dan tidak terlalu berat tentang tulis menulis yang sekiranya mampu ditangkap anak dan remaja dalam rentang usia 10 hingga 17 tahun.

“Ada yang punya akun facebook, ada yang punya buku catatan harian?” tanya Enjang saat memulai presentasi.

Selepas pemberian materi, peserta diminta membuat tulisan dengan 3 pilihan tema. Yang pertama tema tentang Ramadhan, yang kedua tema tentang tempat tinggal mereka, Jatiasih dan yang ketiga tema tentang kesan-kesan peserta selama mengikuti kegiatan Ramadhan.

Dalam waktu singkat, justru peserta yang masih duduk di bangku sekolah dasar yang lebih dulu menyelesaikan tulisan dan menyerahkan karya nya. Banyak yang menyerahkan karya tulisan dengan berbagai bentuknya, dari puisi, pantun hingga yang tulisan bermuatan kritik kepada pemerintah daerah.

Sesi menulis dibatasi hingga jelang adzan zuhur berkumandang. Selepas zuhur, peserta kembali melanjutkan muraja’ah (membaca Al quran bersama-sama) sambil menunggu sesi fotografi.

Sesi fotografi diisi oleh Adhy Syaefudin dari Bekasi Timur, seorang pehobi fotografi yang juga menyukai dunia anak dan permasalahan remaja. Anak-anak sangat antusias dan terkesan dengan penampilan Adhy yang menjelaskan dunia fotografi dengan bahasa sederhana. (eas)

Be the first to comment on "Pesantren Kilat Masjid At Taqwa Sapta Pesona Jati Asih Sertakan Materi Kepenulisan & Fotografi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*