Cegah Salah Asuh, Warga Jatisampurna Deklarasikan Forum Ayah Bunda

Seminat Parenting

Bekasimedia – Gejala sosial salah asuh anak kerap mencuat di media belakangan ini. Urung menjadikannya sebatas ungkapan prihatin yang memilukan semata, urgensi krisisnya harus diekspresikan melalui sikap dan aksi nyata.  Sebagai bagian dari masyarakat, Forum Ayah Bunda Jatisampurna & Yayasan Al Ishmah bekerja sama dengan DKM Masjid An Ni’mah menyelenggarakan Seminar Parenting “Menjadi Ayah yang Dirindukan”, pada Ahad (20/06) pukul 09.00 sd.13.00 siang di masjid An Ni’mah Citra Gran Jatikarya Jatisampurna Bekasi.

Kegiatan yang berawal dari diskusi antar warga Jatisampurna hingga dikonfirmasi oleh aparat kecamatan, berujung pada bangkitnya geliat gerakan kesadaran Ayah Bunda dari para relawan aktivisnya.‎

Dimoderatori H. Karim Santoso (Konsultan pendidikan), Ayah Irwan Rinaldi – pimpinan lembaga ‘Ayah untuk Semua’ dan penggagas sekolah ayah -memaparkan pola asuh di Indonesia, sang anak memiliki ayah fisik namun tidak memiliki ayah secara psikologis.

Irwan Rinaldi mengungkapkan, lemahnya generasi  bermula dari abainya pemahaman para ayah terhadap anaknya, dan hal ini harus segera  dijawab, salah satunya mengembalikan sosok ayah dalam pengasuhan anaknya.

“Salah satu solusi atas kesenjangan pola asuh adalah dengan membuat Sekolah Ayah yang merujuk pada ‘Manual Book’ bagaimana menjadi ayah yang sebenarnya,” lanjut Irwan.

Seminar ini dihadiri sekitar 200 peserta dari berbagai latar belakang dan wilayah Kecamatan Jatisampurna. Hadir juga Lurah Jatikarya, Sulatifah, yang turut mengagas kegiatan ini.

Sebagai wadah penguatan peran ayah bunda dan bagian dari upaya ketahanan keluarga, maka dikukuhkan ‘Forum Ayah Bunda’ Jatisampurna yang resmi ditandatangani oleh Wakil Walikota Bekasi H. Ahmad Syaikhu dan Lurah Jatikarya, Sulatifah di akhir acara serta disaksikan ketua Yayasan Al Ishmah, Izzudin.

Kegiatan ini akan dikembangkan menjadi komunitas yang akan menularkan aplikasi praktis menjadi ayah ideal, “generasi kuat dan bermartabat akan lahir dari ayah yang ideal,” pungkas ketua panitia, Edi Andoyo. (yfn/eas)

Be the first to comment on "Cegah Salah Asuh, Warga Jatisampurna Deklarasikan Forum Ayah Bunda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*