KPAID: Sinergi Semua Stakeholder Proteksi Kekerasan Seksual pada Anak

Haryekti-dan-Ibu-Walikota

Bekasimedia – Buntut pelecehan seksual yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri Margahayu 9 Bekasi Timur, pihak Kepolisian Polresta Bekasi Kota akhirnya berhasil menahan yang bersangkutan pada Senin (15/06), “banyak yang menanyakan kasus ini kepada kami tapi kami belum mengetahui kronologisnya dan masih dalam pendalaman,” ucap Kasubag Humas Polresta Bekasi, AKP Siswo kepada Bekasimedia, Kamis (18/06) di Mapolresta Bekasi.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bekasi, Haryekti Rina menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan Disdik jauh sebelum kejadian ini, “KPAID memang sudah berkoordinasi dengan pihak Disdik jauh sebelum kejadian ini, tentang rentannya kejadian pelecehan seksual baik sesama murid atau guru dan murid. Pihak Disdik pun sepakat untuk bekerjasama dengan KPAID mensosialisasikan tindak pencegahan terhadap kekerasan seks,” tegasnya.

Menanggapi hal ini Haryekti menambahkan,”akan ada pertemuan dengan stakeholder pendidikan, Kepala-kepala Sekolah dan KPAID untuk meningkatkan kewaspadan terhadap masalah ini dan akan terus berjenjang di semua level sampai kepada murid dan guru,” jelasnya kepada Bekasimedia.

Lebih lanjut Haryekti mengatakan,”Perda 12 tahun 2012, menjelaskan kewajiban mendidik anak kan dimulai dari orang tua, masyarakat dan pemerintah, jadi semua pihak punya peran dan kontribusi, pencegahan maupun pemberantasan akan efektif pada saat semua pihak bersinergi dan punya visi yang sama,” tambahnya.

Terkait arahan KPAID kepada masyarakat atas tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menggiatkan kembali Satgas Anak yang ada di lingkungan RT/RW yang dulu pernah di- launching pada akhir tahun 2013 sebanyak 7000 orang lebih dan jika mengalami kejadian pelecehan seksual, “segera melapor ke tokoh masyarakat/satgas KPAID yang ada di wilayahnya atau bisa juga menelepon TESA (telpon sahabat anak) di nomor 1500103 supaya bisa segera ditindaklanjuti.”. (dns)

 

Be the first to comment on "KPAID: Sinergi Semua Stakeholder Proteksi Kekerasan Seksual pada Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*