5 Aplikasi Penunjang Ibadah Ramadhan

Aplikasi android

Bekasimedia – Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh rahmat yang ditunggu oleh umat islam sedunia akhirnya tiba, tepat hari kemarin Indonesia memulai rangkaian ibadah di bulan Ramadhan setelah 1 hari sebelumnya pemerintah mengumumkan tanggal penetapan 1 Ramadhan.

Tentunya semua muslim di dunia menginginkan Ramadhan yang ia jalani di tahun ini akan dipenuhi oleh ibadah, dan bahkan sudah ada yang dari jauh hari sudah merencanakan ibadah umroh di Arab Saudi agar pahala yang ia dapatkan akan semakin dilipat gandakan.

Untuk menunjang itu semua tentu umat islam memerlukan sarana pembantu untuk menjalankan segala kegiatan ibadahnya, kita pilih 5 aplikasi yang mungkin akan melancarkan jalannya ibadah bagi pembaca.

1. Ramadhan Legacy

Aplikasi ini akan memberikan jadwal ibadah sunnah tarawih, dan pembagian halaman untuk mempermudah dalam bertilawah.

Tidak luput pula memberikan notifikasi ayat-ayat alquran serta doa-doa yang bisa dipelajari setiap harinya, fitur lainnya adalah disediakannya fitur panduan ibadah Ramadhan (dengan bahasa inggris) yang juga memungkinkan pengguna membagikan tipsnya untuk pengguna lainnya di seluruh dunia. Aplikasi ini juga tersedia di iOS

2. Qur’an

Tanpa menunggu bulan Ramadhan pun sebenarnya membaca Qur’an menjadi  keharusan bagi setiap muslim, tetapi dengan aplikasi yang akan berada langsung di  tangan anda maka bisa memberikan kemudahan.

Apalagi aplikasi ini memberikan opsi banyak terjemahan baik yang berbahasa Indonesia, hingga tafsir Ibnu Katsir disertakan pula didalamnya cara mudah untuk mengunduh tilawah dari imam-imam di masjid-masjid yang berada di Makkah  ataupun Madinah.

3. Instadeen

Aplikasi ini adalah aplikasi editing foto yang memberikannya kemudahan penggunanya untuk memberikan caption berupa kutipan ayat al quran maupun hadist  dalam setiap foto yang diambil langsung dari kamera maupun galerinya yang lalu kemudian mengkonversinya ke ukuran foto instagram.

4. Maktabah Syamilah

Aplikasi yang sudah lama beredar di playstore ini memberikan banyak pilihan baca-bacaan yang bermutu dalam bahasa arab, maktabah syamilah yang artinya  adalah perpustakaan yang lengkap memberikan tawaran berbagai bahan untuk bisa dibagikan saat hendak memberikan ceramah maupun untuk dikonsumsi sendiri.

Dari ilmu Sirah Nabawiyah, Aqidah hingga tafsir tersedia disana, dan tentunya  dengan mengkaji ilmu agama Islam di saat sedang berpuasa di bulan Ramadhan akan  memberikan tambahan pahala yang melimpah.

5. Prayer Times : Qibla & Adzan

Prayer Times adalah aplikasi gratis yang tersedia di Android, yang akan memberikan petunjuk kiblat akurat untuk sekitar 251 negara yang ada di seluruh dunia. Akan sangat berguna bagi para musafir yang sering berpergian ke luar negeri baik untuk urusan dirinya ataupun berdakwah.

Dengan menggunakan kompas, aplikasi ini akan memberikan presisi yang riil untuk arah kiblat shalat serta juga dilengkapi oleh notifikasi waktu shalat untuk masing-masing negara. (faiz)

Be the first to comment on "5 Aplikasi Penunjang Ibadah Ramadhan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*