Tips Jadi Wali Kelas yang Asyik Ala Miss Nita

Miss-Nita-GPS

Bekasimedia – Menjadi wali kelas memang bukan perkara mudah. Apalagi yang dihadapi adalah siswa SMP. Masa-masa SMP adalah masa labil. Polos dalam berargumen juga memang saatnya bagi mereka. Oleh karena itu, perlu trik dan tips tersendiri yang harus dimiliki oleh setiap wali kelas juga guru agar tidak jenuh saat menghadapi beragam perbuatan anak.

Miss Nita, salah seorang wali kelas di Global Prestasi Junior High School membagi beberapa tips dan trik agar bisa berhasil saat mengajar

1. Buang Masalah Pribadi

Saat masuk kelas, kadang-kadang siswa-siswi tidak berada dalam kondisi yang menyenangkan. Oleh karena itu, jika masalah pribadi kemudian masih dibawa-bawa hingga ke kelas, akan berdampak terhadap situasi belajar. “Sebagai guru kita harus tahu bagaimana cara memancing mereka. Bukan kita yang terpancing oleh mereka. Oleh karena itu kita harus masuk ke dunia mereka,” ucap Miss Nita kepada Bekasimedia.

2. Buat Siswa Merasa Senang

Suasana kelas tidak selalu kondusif. Tidak mungkin siswa suka dan paham semua pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, buatlah siswa senang. Karena kalau mereka sudah enjoy, tenang, relaks, maka setelah itu kemungkinan pengetahuan apa pun akan bisa diterima.

3. Bagi Anak Menjadi Kelompok-Kelompok Kecil

Di dunia remaja seusia anak SMP, teman adalah orang yang biasanya lebih mereka dengar ketimbang guru dan orangtuanya. Oleh karena itu membentuk kelompok-kelompok kecil guna saling mentransfer pengetahuan bisa jadi metode yang bagus. Bukan untuk saling menggurui, namun sekaligus mengajari anak untuk belajar bersosialisasi.

4. Cari dan Gali Terus Metode Mengajar yang Unik

Guru, bagaimana pun keadaannya memang harus tetap menjadi panutan bagi siswanya. Belajar, memang mungkin akan membuat siswa jenuh, namun berbagai metode sudah tersedia tinggal guru mengkreasikan dan menerapkannya pada pelajaran yang tepat.

5. Jangan Lupa Berikan Reward dan Motivasi

Reward atau penghargaan untuk siswa yang bisa mengikuti pelajaran dengan baik bahkan bisa sampai berprestasi bisa menjadi alternatif untuk memotivasi siswa. Tetapi, jangan mengerdilkan potensi setiap anak, berikan juga motivasi bagi mereka yang kurang dalam memahami pelajaran.

Inti dari semuanya adalah membawa hati saat mengajar. Karena jika niat guru, terutama wali kelas hanya bekerja lalu mengharap materi, maka tidak akan cukup membuat nyaman siswanya. Selamat mencoba! (anr)

Be the first to comment on "Tips Jadi Wali Kelas yang Asyik Ala Miss Nita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*