Citizen Journalism Melatih Kepiawaian Warga Dalam Dunia Jurnalistik

photo 2Bekasimedia – Citizen Journalism atau kegiatan yang melaporkan kejadian maupun peristiwa yang sedang terjadi baik secara langsung maupun tidak, telah menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat saat ini dengan menggunakan aplikasi media sosial yang tersedia.

Melihat antusiasme masyarakat yang luar biasa terhadap kegiatan ini, media berita online bekasimedia.com berinisiatif untuk menyelenggarakan Workshop Citizen Journalism (WCJ).

Mengajak khususnya masyarakat Bekasi untuk terjun langsung dan melihat bagaimana cara kerja pembuatan sebuah berita dari awal hingga siap diterbitkan dengan memaksimalkan penggunaan gagdet yang dimiliki.

Dengan mengusung tema Workshop Citizen Journalism “Smart Netizen Be Professional” acara dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Juni 2015 di Auditorium RS. Annisa, Cikarang, Bekasi. Para peserta cukup membayar Rp 150,000 untuk fasilitas yang menarik dan bermanfaat seperti seminar kit, makan siang, modul, sertifikat dan tentunya pembicara handal yang ahli dalam bidangnya seperti Bang Steven yang merupakan wartawan dari i-News.

Di dalam workshop ini, para peserta dilatih mengemas sebuah berita dari informasi luas yang kemudian disusun sedemikian rupa menjadi sebuah berita yang rapi dan menarik untuk dibaca dalam sebuah artikel. Untuk membuat sebuah artikel tersebut, para peserta dilatih dalam seminar yang dibagi ke beberapa sesi: live production, live report dan editing video.

Di tiap sesi para peserta diminta praktek langsung setelah mendapatkan materi yang disampaikan oleh pembicara. Para peserta yang hadir pun datang dari berbagai kalangan, misalnya Endang Purwati (19) mahasiswi asal President University mengatakan bahwa ia tertarik ikut workshop ini karena memang dari awal ia senang dengan dunia berita.

“Saya tertarik ikut workshop ini karena memang senang dengan dunia berita serta tema-nya yang lagi hits saat ini, Citizen Journalism”.

Sebelumnya bekasimedia.com telah sukses melaksanakan Workshop Citizen Journalism dibeberapa kota, seperti : Depok, Kota Bekasi dan ketiga di Kabupaten Bekasi.(Ghinaa/mk)

Be the first to comment on "Citizen Journalism Melatih Kepiawaian Warga Dalam Dunia Jurnalistik"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*