5 C untuk Pendidikan yang Lebih Manusiawi

Tan-July-GPS

Bekasimedia – Semua sekolah mempunyai strategi dan cara-cara tersendiri untuk membuat situasi pembelajaran yang kondusif. Guru sebagai faktor penting dalam keberhasilan peserta didik perlu menyadari bahwa sebagai sesama manusia, maka perlakuan yang diberlakukan juga tentunya harus manusiawi. Sehingga peserta didik juga menyadari hakikatnya sebagai seorang manusia yang terdidik.

Ada nilai-nilai tertentu yang sebaiknya diterapkan guru. Agar siswa bisa menyadari bahwa terdidik berarti juga bertanggung jawab.

Kepala SMP Global Prestasi, Tan Julie, menyampaikan beberapa hal yang diharapkan bisa terbentuk di dalam diri siswa-siswinya.

“Ada semacam values yang mau kita kembangkan,” ucap Tan Julie kepada Bekasimedia pada Jumat (11/6). Ada 5 hal. Dan 5 hal itu disebut Five C. Cares, Commitment, Consistent, Competency dan Corp Team Work.

Cares berkaitan dengan kepedulian siswa terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Commitment berkaitan dengan tanggung jawab siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Consistent artinya siswa bisa terus dalam kondisi stabil. Tidak kadang-kadang malas, besoknya rajin, dan seterusnya.
Competency berkaitan dengan kemampuan siswa, secara akademis dan nonakademis. Dan kelima, Corp Team Work berkaitan dengan kelompok kecil anak. Di mana mereka bisa sharing berbagai hal. Dari pengetahuan atau hal lainnya.

Jadi, sharing itu penting dan yang coba ditumbuhkan adalah juga empati siswa. (anr)

Be the first to comment on "5 C untuk Pendidikan yang Lebih Manusiawi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*