Lembaga Ini Membina Generasi Juara Tanah Papua

Pembinaan Anak Juara 2

Bekasimedia – Pagi itu (07/06) di Jayapura Tanah Papua, Ahmad Ikhwan nampak sumringah. Bersama beberapa temannya yang juga merupakan Anak Juara binaan RZ, Ikhwan-biasa disapa, berjalan riang menuju Mesjid Al-Hikmah,Tanah Hitam yang tak jauh dari rumahnya.

“Mau ikut pembinaan sama Kak Arabia. Katanya hari ini kita mau bikin agenda buat bulan Ramadhan nanti,” ujar Ikhwan sambil tersenyum malu-malu.

Hari Minggu ini jadwal Anak Juara Abepura mengikuti kegiatan pembinaan rutin dari Relawan RZ. Ada 15 anak yang menjadi binaan RZ di Abepura, mereka adalah anak-anak penerima Beasiswa Ceria.

“Kegiatan pembinaan hari ini adalah membuat agenda harian untuk Ramadhan, kemudian ada materi tentang sedekah dan juga ada permainan untuk melatih fokus, kecepatan berpikir dan mengembangkan kecerdasan anak,” jelas Arabia Rumatiga, Relawan RZ.

Anak-anak nampak bersemangat mengikuti aktivitas pembinaan. Dengan serius  mereka membuat jadwal agenda ibadah harian Ramadhan-nya. Beberapa dari mereka juga ada yang nampak bingung mau menulis apa. Arabia dengan sabar mengajari mereka satu per satu.

“Anak-anak ini harus sudah dibiasakan untuk memiliki targetan ibadah, khususnya di bulan Ramadhan. Selain melatih mereka untuk meningkatkan kuantitas ibadah, juga agar mereka memahami bahwa Ramadhan itu bulan yang spesial, jadi agenda ibadahnya juga harus spesial,” ungkap Arabia.

Program pembinaan Anak Juara di Jayapura sudah berlangsung selama 2 tahun. Kini RZ Jayapura memiliki 34 Anak Juara yang berada di 2 wilayah, yaitu Abepura dan Bhayangkara. Anak-anak ini berasal dari keluarga kurang mampu, orang tua mereka sebagian besar berprofesi sebagai buruh yang bekerja serabutan, ada yang menjadi buruh tani dan ada juga yang menjadi buruh pabrik.

Selain kegiatan pembinaan yang rutin dilakukan seperti sekarang, RZ juga membuat program P3A (Pusat Pengembangan Potensi Anak) dalam bidang Seni Tari. “Pertengahan bulan April lalu, kami membuat Kelompok Seni Tari Papua yang diikuti oleh 11 anak juara. Kami berharap anak-anak ini bisa berprestasi dan bisa tampil dibanyak acara seperti kelompok-kelompok P3A binaan RZ yang ada di pulau Jawa,” jelas Heri Suprayitno, Branch Manager RZ Jayapura. (*/eas)

Be the first to comment on "Lembaga Ini Membina Generasi Juara Tanah Papua"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*