Pondok Gede Theater, Riwayatmu Kini

Pondok Gede theater

Bekasimedia – Letaknya tidak persis di pinggir Jalan Hankam Raya. Agak masuk ke dalam kawasan pasar lama Pondok Gede. Kalau kita tidak jeli, kita akan menganggap bangunan itu hanya deretan toko biasa beratap usang.

Dulu, sekitar tahun 80-an, bangunan itu adalah tempat nongkrong favorit anak muda Pondok Gede. Tempat nongkrong favorit dan tempat tujuan nonton film satu-satunya di Pondok Gede. Nama tempat tersebut adalah Pondok Gede Theater. Gedung pemutaran film zaman dulu di Pondok Gede yang sudah usang dan tidak terurus. Hanya nama yang tersisa, dan kini beralih fungsi menjadi deretan toko.  Tampaknya, karena tidak banyak juga yang membahasnya, jadi akan sangat sulit menemukan asal-usulnya bahkan di mesin pencari internet.

“Dulu, saya lupa tahun berapanya, masih aktif. Biasanya jam empat, anak-anak sekitar Pondok Gede sini pada nongkrongnya di sini,” kenang Muso, pemilik usaha pembuatan pigura asal Sleman yang menyewa toko di kawasan pasar lama Pondok Gede, tempat di mana dulu Pondok Gede Theater berdiri kokoh dan masih ramai.

Kini, kenyataan sudah lama berubah. Tempat nongkrong anak muda zaman dulu itu kini hanya bersisa nama yang sudah berkarat. Keberadaan Pondok Gede Theater semakin tenggelam oleh rutinitas masyarakat di kawasan Pondok Gede. Kini tampaknya anak muda lebih hapal keberadaan bioskop 21 Pondok Gede di plaza Pondok Gede yang letaknya tak jauh dari kawasan pasar lama tempat Pondok Gede Theater berada yang kondisinya  memprihatinkan.

Pondok Gede Theater mungkin hanya tinggal nama tapi semoga tidak benar-benar hilang dan tempat yang bernilai sejarah itu bisa lebih mendapatkan perhatian pemerintah. (anr)

Be the first to comment on "Pondok Gede Theater, Riwayatmu Kini"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*