Murid LPIT Thariq Bin Ziyad Antusias Sambut Ramadhan

Tarhib Ramadhan 1436

Salah satu ukuran seseorang bahagia atau tidaknya menghadapi bulan suci Ramadhan ialah bisa dirasakan saat siswa-siswi pelajar SD berpawai keliling lingkungan kemudian membagikan jadwal imsakiyah sebagai tanda akan masuknya bulan suci Ramadhan, lalu bagaimana perasaan anda saat itu ketika melihatnya, apakah heran, kesal atau senang ? Jika senang hati melihatnya maka itulah tanda keimanan sebagai bentuk kebahagiaan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Inilah kutipan diantara obrolan saat penulis berdiskusi dengan salah seorang pendidik di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Thariq bin Ziyad yang juga kepala unit Riset dan Pengembangan, Mochamad Ahyar. M.Pd.

Dijelaskan olehnya bahwa tradisi Tarhib Ramadhan di LPIT Thariq Bin Ziyad sudah berjalan sejak awal berdirinya sekolah itu, yakni tahun 1997 saat itu baru ada satu sekolah, SDIT Thariq Bin Ziyad di Pondok Hijau Permai Pengasinan Rawalumbu Kota Bekasi.

Tradisi itu terus dikembangkan dengan beragam kegiatan yang mendidik baik dari sisi siswa maupun untuk masyarakat di sekitarnya. Seperti pembagian jadwal imsakiyah Ramadhan, spanduk, selebaran atau pamplet dan bendera yang berisi kampanye untuk menggugah siswa maupun masyarakat antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Menurutnya secara pedagogik dan psikologik kegiatan tersebut sangat baik sebagai sarana pengkondisian diri, jiwa dan raga menghadapi puasa Ramadhan agar ibadahnya semakin optimal.

Sedangkan dari sisi ajaran agama Islam, maka upaya yang baik dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sangat dianjurkan, sesuai hadits atau atsar dari para ulama salafus shaleh di masa lalu, terkait dengan datangnya Ramadhan antara lain dijelaskan di bawah ini :

“Ya Baghial Khoir Abshir, Waya Baghias Syarr Aqshir…” yang artinya Wahai para pelaku kebaikan bergembiralah, dan wahai para pelaku keburukan/kemaksiatan tahanlah…”

Kegiatan Tarhib yang diadakan oleh SDIT Thariq Bin Ziyad dilaksanakan secara serentak di 2 tempat berbeda, yakni SDIT Thariq Bin Ziyad Pondok Hijau Permai di wilayah Kota Bekasi dan SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya di Kabupaten Bekasi. Kegiatan tarhib diawali dengan arahan dari guru Pendidikan Agama Islam terkait Ramadhan, pawai keliling dilanjutkan makan snack yang disediakan oleh Persatuan Orang Tua Murid & Guru (POMG) dan sekolah serta diakhiri dengan ramah tamah antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa.

Semoga kita dapat berjumpa dan dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan yang beberapa hari lagi akan datang. Wallahu a’lam.

Penulis :
Dimyat,S.Ag – Humas LPIT Thariq Bin Ziyad

Be the first to comment on "Murid LPIT Thariq Bin Ziyad Antusias Sambut Ramadhan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*