Pendaftaran BPJS Kesehatan Lambat, Jasa Calo Kerap Diminati

bpjs bekasi

Bekasimedia – Banyak warga Bekasi yang mengeluhkan proses birokrasi pembuatan kartu BPJS. Salah satunya yang dialami Cucu, ibu rumah tangga yang mengaku mendatangi kantor BPJS sejak pagi kemudian baru dilayani menjelang memasuki waktu magrib. “Jam enam sudah dapat kupon kemudian diprosesnya sore,” akui ibu tiga anak ini.

Lambatnya sistem birokrasi ini lantas dimanfaatkan oleh jasa layanan cepat alias calo. Dengan jasa calo warga tidak perlu menunggu lama dan langsung di proses cepat.

“Bapak mau dibantu buat lima hari bisa. Sekalian dibayarin ke bank juga bisa,” ujar Anastasiya, salah satu calo yang menawarkan jasa layanannya kepada bekasimedia pada jum’at (05/06) di kantor BPJS Kesehatan.

Jumlah calo di tempat tersebut ternyata tidak sedikit. Mulai dari ibu-ibu, anak muda dan bapak-bapak kerap menawarkan jasanya. Untuk pembuatan satu kartu, cukup membayar jasa 150.000,- rupiah, sementara berdua bisa 200.000,- rupiah.

“Kalau sama yang lain untuk 2 kartu bisa 250.000,- kalau saya kasih murah aja. Sedikit yang penting tiap hari ada (yang mau dilayani),” ujar wanita asal Nusa Tenggara Timur ini.

Banyak warga Bekasi yang tergoda dengan jasa calo. Selain tidak ribet pelayanannya juga cepat. “Lebih cepat dan efisien mas. Seminggu jadi, dibanding bikin sendiri katanya bisa sampai sebulan,” ujar salah satu pengguna jasa calo.

Padahal di depan kantor BPJS Kesehatan, yang terletak di alun-alun Bekasi ada himbauan agar warga tidak bertransaksi dengan calo. Tapi himbauan hanya himbauan, petugas pun tidak memberikan peringatan, seolah membiarkan mereka (jasa calo) berkeliaran. (yp)

Be the first to comment on "Pendaftaran BPJS Kesehatan Lambat, Jasa Calo Kerap Diminati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*