Inilah Alasan Sepp Blatter Mengundurkan Diri

image

Bekasimedia – Presiden FIFA Sepp Blatter memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai pimpinan organisasi sepakbola dunia. Blatter mengumumkan keputusannya tersebut hanya 4 hari setelah Kongres FIFA yang memenangkan dirinya kembali untuk ke 4 kalinya menjadi pimpinan organisasi tersebut.

“Saya menghargai FIFA lebih dari apapun dan yang saya lakukan untuk FIFA adalah yang terbaik untuk FIFA dan juga sepakbola secara keseluruhan,” kata Blatter dalam konferensi persnya di¬† Zurich selasa kemarin paska terpilihnya¬† kembali dirinya.

Tuduhan kesemrawutan keuangan dan komentarnya beberapa kali menyinggung gender sepakbola wanita membuat posisinya sering di ujung tanduk dan mengundang reaksi media.

“FIFA membutuhkan investigasi yang mendalam, jadi saya memutuskan meletakkan mandat saya untuk sementara sampai nanti FIFA kembali akan membuat pemilihan di kongres luar biasa dalam kurun waktu yang belum ditentukan,” Sepp Blatter langsung bereaksi setelah banyaknya anggota FIFA yang dijaring oleh FBI.

Domenico Scala, Kepala badan audit Independen yang dibuat FIFA mengemukakan akan membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 bulan untuk kembali merancang pemilihan pimpinan FIFA selanjutnya.

“Keputusan untuk menentukan waktu untuk pemilihan pimpinan FIFA selanjutnya akan tergantung dari komite eksekutif dan itu mungkin akan terjadi pada kurun waktu bulan Desember sampai Maret tahun depan.”

Kemunduran diri Blatter yang tak disangka-sangka ini adalah salah satu episode paling kontroversial dalam sejarah FIFA, 7 pejabat tinggi yang ditangkap jumat minggu lalu telah diberi dakwaan terpisah perihal investigasi proses pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 yang akan di helat di Rusia dan Qatar.

Pendapat lain mundurnya Sepp Blatter ini dikarenakan tangan kanannya yang menjabat sebagai sekretaris umum di FIFA Jerome Valcke diduga terlibat dalam uang pembayaran sebesar 10 juta dollar dimana kasus itu sedang didalami di Amerika Serikat. (frb)

Be the first to comment on "Inilah Alasan Sepp Blatter Mengundurkan Diri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*