RZ Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gigi Pengungsi Rohingya

IMG-20150602-WA0049

 

Bekasimedia – RZ bekerjasama dengan Cita Sehat Foundation kembali melakukan aksi layanan kesehatan untuk pengungsi Rohingya di Kuala Langsa, Aceh, Selasa (02/06). Kali ini fokus pemeriksaan adalah kesehatan gigi, mengingat para pengungsi rohinya terombang-ambing di lautan berbulan-bulan dan hampir tidak mungkin memperhatikan kesehatan giginya.

“Para pengungsi ini berbulan-bulan di lautan, mereka kekurangan makanan. Jika ada bantuan makanan datang, mereka berebut sampai berkelahi. Dan dari hasil pemeriksaan hari ini, ternyata ada banyak pengungsi yang giginya rusak justru karena terpukul saat berebut makanan,” ungkap Herlan Wilandariansyah, Koordinator Relawan RZ.

RZ menerjunkan 6 orang dokter gigi dan 5 paramedis untuk aksi ini. Layanan yang diberikan berupa pemeriksaan gigi, pembersihan karang gigi, pemberian obat untuk gigi yang rusak, mencabut gigi dan konsultasi seputar kesehatan gigi.

“Banyak pengungsi yang mendaftar untuk pemeriksaan kesehatan gigi. Rata-rata keluhannya sakit gigi dan mulut. Setelah dicek, kebanyakan gigi yang rusak akibat  pukulan pengungsi lain saat berkelahi berebut makanan di kapal. Selain itu, banyak juga yang giginya membusuk karena memang tidak pernah dibersihkan selama berbulan-bulan,” Jelas drg. Ratna, Dokter Relawan RZ.

Pada hari Selasa (02/06) tim medis RZ berhasil melayani 61 pengungsi Rohingya. Pemeriksaan dihentikan pada pukul 05.00 waktu setempat, karena faktor pencahayaan yang kurang dilokasi pengungsian. Selain memberikan pemeriksaan kesehatan, Relawan RZ juga memberikan 2 baskom besar sirih untuk membantu kekuatan gigi para pengungsi.

“Sebenarnya masih banyak pengungsi yang ingin memeriksakan giginya. Tapi karena sudah sore dan gelap, jadi kami terpaksa hentikan. Semoga besok kami bisa melanjutkan aksi kembali,” pungkas Herlan. (*/eas)

Be the first to comment on "RZ Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gigi Pengungsi Rohingya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*