Nur Mahmudi Ismail Membuka Festival Industri Kreatif Kota Depok

IMG-20150603-WA0027

 

Bekasimedia – Pameran Kegiatan Festival Industri Kreatif Kota Depok Tahun 2015 resmi dibuka Walikota, Nur Mahmudi Is’mail, di Halaman Balaikota Depok, Rabu (3/6). Acara Festival Industri Kreatif ini adalah yang ke-6 kalinya diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok.

Sedikitnya sarana atau media untuk mempromosikan hasil industri kreatif IKM Kota Depok, rendahnya kecintaan masyarakat Kota Depok terhadap produk yang dihasilkan oleh para industri kreatif IKM Kota Depok, terbatasnya sarana pemasaran dalam memperkenalkan produk dari industri kreatif Kota Depok serta kurangnya sinergi yang baik dari empat unsur yakni pemerintah, akademisis, komunitas industri kreatif dan para pebisnis yang dapat menjadikan Kota Depok tumbuh menjadi Kota yang kreatif serta berdaya saing, menjadi latar belakang pelaksanaan acara pameran kegiatan Festifal Industri Kreatif Kota Depok Tahun 2015.

Tujuan pelaksanaan acara ini ialah untuk memperluas pemasaran dan memperkenalkan produk dari indutri kreatif Kota Depok serta memberikan motivasi dan menumbuhkembangkan minat IKM Kota Depok dalam berkreasi dan berproduksi dalam bentuk dukungan dan apresiasi terhadap pelaku IKM Kota Depok.

Selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya Kota Depok terhadap produk IKM Kota Depok sekaligus menciptakan media interaksi antara pelaku industri dan konsumen yang dapat memacu pelaku industri untuk berkreatifitas dan berinovasi dalam menghasilkan produk yang dapat diterima masyarakat khususnya di Kota Depok.

Acara yang mengambil tema “Kreatifitas Tanpa Batas” ini, akan berlangsung selama lima hari, yakni 3 Juni sampai dengan 7 Juni 2015. Adapun yang berpartisipasi mengisi stand pameran ini diantaranya Kecamatan Se-Kota Depok, OPD di lingkup Pemda Depok, Organisasi yang ada dilingkup Kota Depok seperti Dharmawanita, PKK dan Dekranasda, Asosiasi Industri Kreatif dan berbagai organisasi sosial, Perbankan, dan Komunitas hoby yakni komunitas gemstone (Batu Akik).

Selain diisi oleh peserta dari Depok, stand pameran juga diisi oleh perwakilan OPD dari luar Kota Depok diantaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor dan Balai Riset Ikan Hias Air Tawar.

Festival Industri Kreatif ini akan diisi dengan berbagai acara yang menarik diantaranya pada hari perdana selain pembukaan acara secara resmi oleh Walikota Depok, dilanjutkan dengan perkenalan produk-produk unggulan dari para Asosiasi Industri Kreatif Kota Depok serta diisi berbagai lomba dan games interaktif.

Dihari kedua, Kamis 4 Juni akan disisi dengan acara berbagai atraksi hoby dan komunitas diantaranya komunitas sepeda BMX dan Free Syler Basket. Dihari ketiga, Jum’at 5 Juni akan ada acara band akustik religi, penampilan rapper religi, peragaan busana muslim dan tutorial hijab yang dilanjutkan dengan talk show “I Love Batik” dengan menampilkan desainer batik yang terkenal di Kota Depok.

Pada hari keempat, Sabtu 6 Juni diadakan Fun Bike Keluarga yang akan diikuti oleh para Kepala OPD dan pegawai di lingkup Pemda Depok serta masyarakat. Acara tersebut akan dilanjutkan dengan lomba tari tingkat TK dan lomba menghias donat serta kreasi makanan non beras.

Sedangkan di hari terakhir, Minggu 7 Juni akan ada pemampilan band akustik persembahan mahasiswa UI, Hadroh, persembahan story telling dan pengumumam berbagai juara lomba-lomba yang diselenggarakan selama acara pameran berlangsung  sekaligus penutupan acara.

Dalam sambutannya Nur Mahmudi Isma’il mengatakan acara pemeran kegiatan Festival Industri Kreatif ini adalah penyelenggaraan yang ke enam kalinya, namun dikemas dalam bentuk festival adalah kali pertama. “Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang tahunan Pemerintah Kota Depok sebagai sarana untuk mempromosikan produk inovatif dan event untuk memberikan apresiasi kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Depok yang inovatif,” ujar Walikota. (*/eas)

Be the first to comment on "Nur Mahmudi Ismail Membuka Festival Industri Kreatif Kota Depok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*