Mengapa Workshop Citizen Journalism Itu Penting?

header_bekasimedia

Bekasimedia – Memang tidak ada batasan baku untuk Citizen Journalism, namun tetap saja kita harus memahami etika dasar jurnalistik.Berapa banyak berita, foto dan video negatif beredar setiap hari khusunya di internet dan sosial media?

Ada banyak kejadian seseorang meng-upload video tidak pantas di sosial media maupun di youtube, bahkan yang belakangan sedang ramai diberitakan pelakunya anak dibawah umur.

Beberapa kasus tersebut merupakan dampak negatif dari teknologi, khususnya smartphone yang saat ini hampir dimiliki oleh anak usia tanggung hingga dewasa.

Mudahnya membuat video, foto dan kemudahan akses internet dan meng-uploadnya membuat mereka lupa akan ‘aturan main’ dan bahayanya menyebarkan konten yang tidak etis.

Oleh karenanya dibutuhkan sebuah wadah edukasi tentang etika mempublikasi gambar, video dan berita sehingga tidak melampaui etika kemasyarakatan dan etika jurnalistik.

Salah satu caranya dengan mengikuti kegitan seminar, workshop kajian-kajian yang khusus memperbincangkan aktifitas pemberitaan masyarakat (Citizen Journalism).

Kegiatan Workshop Citizen Journalism yang digagas bekasimedia bekerjasama dengan BadarTV, Radio Gema Annisa 105.6FM dan RS.Annisa Cikarang pada Minggu (14/05/15) merupakan salah satu solusinya.

Dalam kegiatan tersebut, selain berisi edukasi juga akan disediakan saluran untuk bisa menyampaikan kegiatan-kegiatan publikasi pemberitaan umum.Banyak potensi positif dimiliki Bekasi dan belum terpublikasikan ke masyarakat dengan baik.

Inilah saatnya, warga Bekasi mengangkat daerhany agar dikenal seantero Nusantara dan juga dikenal dunia.(mk)

Be the first to comment on "Mengapa Workshop Citizen Journalism Itu Penting?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*