Imam Hambali: Bank Sampah Mengurangi Sepertiga Masalah Lingkungan

image

Bekasimedia – Imam Hambali adalah salah seorang dari sekian penggiat pembentukan Bank Sampah di wilayah Cikarang Utara Bekasi. Menurutnya Program Bank Sampah bisa ikut andil mengatasi ┬ápermasalahan lingkungan yang diakibatkan oleh sampah saat ini.

“Kalau kita bisa kelola sampah dari rumah tangga saja, sepertiga permasalah lingkungan bisa teratasi dengan sendirinya, dengan keterlibatan masyarakat secara umum,” tegas Imam Hambali disela kegiatan pengajian di Jababeka, Kamis (25/05).

Lebih lanjut beliau jelaskan bahwa dengan keberadaan Bank Sampah, masyarakat akan terbiasa dengan memilah jenis sampah plastik, besi, beling, kertas, kayu dan limbah rumah tangga. Artinya tidak campur-aduk seperti yang terjadi sekarang ini.

Selain itu, beban angkut truk sampah akan berkurang dari sisi jumlah rit (sekali angkut) dan memiliki nilai ekonomis yang lumayan besar.

“Karena jumlah sampah yang diangkut berkurang, jelas ada sisi ekonomis yang bisa dihemat dari armada pengangkut sampah, selain itu bagi keluarga ada tambahan uang yang bisa dipakai untuk bayar biaya lingkungan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Peduli Halal ini.

Menurutnya, penanganan masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampah, terutama sampah dari rumah tangga perlu keterlibatan banyak orang. Oleh karenanya pembentukan Bank Sampah dapat menjadi sarana untuk bisa melakukan kegiatan penanganan sampah secara bersama-sama. (mk)

Be the first to comment on "Imam Hambali: Bank Sampah Mengurangi Sepertiga Masalah Lingkungan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*