Kabupaten Bekasi Bentuk Koperasi Sentral Bank Sampah

image

Bekasimedia – Untuk optimalkan sumber daya Bank Sampah yang ada, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi bersama Komunitas Bank Sampah deklarasikan pembentukan Koperasi Sentral Bank Sampah (KSBS) Kabupaten Bekasi, Selasa (27/05).

Selain itu pembentukan KSBS bertujuan meghimpun semua kegiatan bank sampah di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi, membangun dan meningkatkan sinergisitas semua bank sampah dan stakeholder dalam menjaga kebersihan lingkungan. Juga untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Hadir dalam kesempatan tersebut Agus (Kabid Rehabilitasi Lingkungan Hidup), Doddy  (Kabid Kebersihan) dan  70 pengurus bank sampah di wilayah Kabupaten Bekasi, dengan kesepakatan penambahan 43 stasiun Bank Sampah yang akan di siapkan di seluruh kabupaten Bekasi.

Imam Hambali, salah satu pengurus koperasi sebagai perwakilan dari wilayah Cikarang Utara menyambut positif keberadaan KSBS.

“Dengan hadirnya Koperasi sebagai wadah bersama akan meningkatkan kordinasi dan komunikasi seluruh bank sampah yang tersebar di Kabupaten Bekasi,” ungkap lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komunitas Peduli Halal tersebut.

Selain itu, menurut Imam KSBS punya peran lain yang lebih penting sebagai media komunikasi untuk saling bertukar ide dan kreativitas.

“Koperasi inipun dapat menjadi ajang tukar ide dan kreativitas bagi pengurus bank sampah dalam mengelola baik dari sisi manajemen, operasional, mesin-mesin dan produk yang di hasilkan dari bank sampah,” katanya.

Imam berharap KSBS dapat meningkatkan sinergitas seluruh stakeholder, tidak hanya pengelola bank sampah tapi juga masyarakat, pemerintah daerah dan pelaku industri. (mk)

10 Comments on "Kabupaten Bekasi Bentuk Koperasi Sentral Bank Sampah"

  1. Mantap, maju terus Sentral Bank Sampah Kabupaten Bekasi(SBSB), semoga dengan adanya SBSB kebersihan lingkungan semakin terjaga,bersih, sejuk, hijau, indah dan SEHAT…

  2. Mantap, maju terus Sentral Bank Sampah Kabupaten Bekasi (SBSB).

  3. wah mantap nih, saya boleh tau gak SBSB kantornya dimana? dan untuk menghibiunginya kesiapa, dan gimana caranya untuk gabung ke komunitas bank sampah kabupaten bekasi?

    salam kenal
    sumitra
    sriamur – tambun utara

  4. perum mangunjaya 1 tambun selatan mo gabung juga gimna caranya hub 081293803231 efendi

  5. Nama : achmad burhani
    Alamat : perum bumi sani permai blok h4 no 14 rt2 rw14 setia mekar tambun selatan
    No hp : 0878-7926-3305

    Ditempat saya belum ada bank sampah, saya mau mencoba mendirikan.. mohon bimbingannya..

  6. pgn ikut bank sampah tapi bingung sama caranya…

  7. Mau ikut gabung di bank sampah area harapan indah, ada gak yang sudah di area harapan indah? Cara ikutnya gimana?

    Apri.
    Salam kenal

  8. Saya mau gabung Bank sampah buat di RT saya villa mutiara gading 2tambun utara

Leave a comment

Your email address will not be published.


*