Yanga Mbiwa Jadi Pahlawan Derby Della Capitale

image

Bekasimedia – Setelah 2 dekade lalu derby Della Capitale atau derby ibu kota memperebutkan posisi aman di Serie-A agar terhindar dari degradasi, sekarang gengsi itu meningkat  jauh menjadi perebutan tempat kedua Serie-A, dimana posisi itu akan memberikan posisi aman menuju fase grup Liga Champions musim depan tanpa melalui kualifikasi.

Prestasi klub kota Roma di Serie-A musim ini jauh lebih mentereng dibanding klub kota Milano ataupun Turin yang hanya di dominasi satu klub yaitu Juventus.

Wasit Nicola Rizzoli menjadi orang tersibuk dalam pertandingan Selasa pagi (26/05), di babak pertama saja ia sudah mengeluarkan 4 kartu kuning. Tetapi tidak seperti biasanya yang kerap masuk daftar pahlawan kemenangan Roma, kali ini muncul nama baru, pemain bertahan kewarganegaraan Perancis  Yanga Mbiwa menjadi pahlawan setelah golnya di menit 85 langsung membalas gol dari Lazio 4 menit sebelumnya.

Kondisi kedua klub memang tidak mampu mengimbangi Juventus baik di Liga maupun di Piala Italia, walaupun keduanya sudah mulai kedatangan pemain bintang dan pendukung yang selalu penuh mendukung, namun Derby Ibukota ini selalu menjadi bagian terpenting dalam setiap musimnya.

Untuk memotivasi itu semua, maka kedua klub diimingi bonus sebesar 50 juta euro jika mampu finish di urutan kedua dengan mengalahkan rivalnya langsung. Di pertemuan pertamanya kondisi Roma berbeda jauh dengan sekarang, mereka sempat unggul 9 angka pada Januari lalu dan bahkan masih bisa merebut puncak klasemen dari Juventus. Tetapi setelah imbang 2-2 melawan Lazio dimana Francesco Totti merayakan gol penyeimbang dengan selfie bersama para pendukungnya, Roma secara berturut-turut mengoleksi 9 hasil imbang dan 3 kali kekalahan, yang hanya menyisakan perbedaan 1 poin dari Lazio.

Walau secara hitung-hitungan angka AS Roma minimal sudah mengamankan zona kualifikasi Liga Champions, tetapi armada Rudi Garcia ini mengincar poin penuh di derby ke 142 ini, babak pertama yang penuh kartu kuning hanya menghasil satu tendangan gawang untuk AS Roma. hebatnya, 2 tendangan yang mengarah di babak kedua berhasil menghasilkan gol masing-masing oleh Juan Iturbe di menit ke 73 dan Yang Mbiwa 12 menit setelahnya yang membalas gol dari Djordevic.

Ini adalah kemenangan pertama Roma atas Lazio di laga “tandang” setelah terakhir Roma mampu melakukannya pada tanggal 7 November 2010. (frb) 

Be the first to comment on "Yanga Mbiwa Jadi Pahlawan Derby Della Capitale"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*