Lawatan Sejarah Nasional XIII, Ajak Pelajar dan Guru Napaktilas Sejarah

Lasenas

 

Bekasimedia – Lawatan Sejarah Nasional merupakan agenda dari Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya. Lawatan Sejarah Nasional atau LASENAS ini bertujuan mengajak para pelajar dan guru mengenal tempat-tempat bersejarah dengan mengunjunginya langsung serta memaknai lawatannya tersebut.

Tahun ini, Lawatan Sejarah Nasional memasuki tahun ke-13. Tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi terpusat di Jawa Barat meliputi Bandung, Sumedang, Kuningan dan Cirebon. Tempat-tempat bersejarah yang menjadi objek kunjungan di antaranya Rumah Tahanan Sukamiskin, Gedung Indonesia Menggugat, Makam Cut Nyak Dien, Kraton-kraton, serta makam La Unru Sinrang.

“Ini adalah Lawatan Sejarah ke-13. Sebelumnya. Kegiatan serupa sudah dilakukan. Tujuan pokok Lasenas adalah untuk membawa pelajar menapaki tempat-tempat bersejarah, belajar memaknainya didampingi oleh ahli sejarah. Lawatan Sejarah ini penting, karena kita ingin melihat realita sejarah di lapangan dan menafsirkannya bersama-sama.” ujar Kacung Maridjan, Direktur Jenderal Kebudayaan saat Konferensi Pers di Gedung Merdeka, Bandung seperti dilansir laman resmi kemendiknas (26/05).

Lawatan Sejarah Nasional (LASENAS) XIII yang mengambil tema “Membangun memori kolektif generasi muda untuk perekat persatuan bangsa” diadakan tanggal 24 hingga 28 Mei 2015 diikuti oleh 200 pelajar dan guru pada jenjang pendidikan menengah dari seluruh Indonesia.

Kacung Marijan menambahkan bahwa hasil Lasenas akan dibukukan dan buku tersebut akan menjadi bahan ajar sekolah serta bahan pengayaan bagi guru-guru sejarah. (*/anr)

Be the first to comment on "Lawatan Sejarah Nasional XIII, Ajak Pelajar dan Guru Napaktilas Sejarah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*