Tongkat Mutakhir Untuk Penyandang Kebutaan

tongkat x plor

Bekasimedia – Sebuah langkah revolusioner dibuat untuk para penyandang cacat yang memiliki kebutaan, sebuah tongkat pintar yang dilengkapi dengan sensor yang mampu mengenali keluarga, sahabat hingga teman dekat di keramaian.

Dengan menggunakan kamera pengenal yang disertai sensor, tongkat XploR dapat mencari wajah yang sebelumnya sudah dimasukkan datanya terlebih dahulu kedalam tongkat dan kemudian akan bergetar ketika orang dikenal sudah berada di dekatnya. Tidak hanya itu, pengguna akan di arahkan ke orang yang ia cari melalui suara lewat earphone yang di koneksikan melalui bluetooth dengan tongkat tersebut.

Tongkat ini sedang dikembangkan oleh  Siswa ICT Steve Adigbo, Waheed Rafiq dan Richard Howlett dari Universitas Birmingham, Inggris. Mereka akan menggunakan teknologi yang berasal dari smartphone untuk mendektek wajah keluarga yang dikenal dari jarak sekitar 10 m serta GPS untuk mengarahkan sang penyandang cacat.

Secara garis besarnya, itu akan menggunakan kumpulan gambar yang akan tersimpan langsung di SD Card dan akan mendeteksi langsung wajah mana yang familiar dengan pengguna dan siapa saja yang harus dicari tongkat itu.

Adigbo dalam presentasinya mengatakan, “Kakek saya adalah orang yang memiliki kebutaan, maka saya sangat mengerti sekali akan kegunaan benda ini pada orang yang sama menderitanya dengan kakek saya.” (frb)

Be the first to comment on "Tongkat Mutakhir Untuk Penyandang Kebutaan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*