Inilah Alasan BEM UI Hadiri Undangan Makan Malam di Istana

Bem UIBekasimedia – Bertempat di Istana Negara, Senin malam (18/05) pada pukul 19:30 sampai dengan 21:15 WIB terjadi pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan perwakilan mahasiswa.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekertaris Kabinet Andi Widjajanto dan Teten Masduki yang bertindak sebagai moderator forum. Adapun perwakilan mahasiswa terdiri dari 17 universitas.

Pertemuan diawali dengan santap makan malam, kemudian masing-masing perwakilan universitas menyampaikan tuntutannya dalam waktu yang cukup singkat.

BEM Universitas Indonesia mengirimkan wakilnya dalam pertemuan ini. Hadir dalam pertemuan, Andi Aulia Rahman, Ketua BEM UI 2015 didampingi oleh Grady Nagara, Koordinator Bidang Sosial Politik BEM UI 2015.

Dikutip dari laman BEM UI, dalam pertemuan tersebut, Andi mengajukan sepuluh tuntutan yang didasarkan pada kajian BEM Se-UI mengenai evaluasi satu semester pemerintah Jokowi-JK dalam empat sektor, yaitu hukum-pemberantasan korupsi, ekonomi, kesehatan, dan energi.

Andi Aulia Rahman menjelaskan bahwa BEM Se-UI memutuskan untuk memenuhi undangan dari istana tersebut dengan beberapa pertimbangan.

“Kami melihat dialog dengan Presiden merupakan momentum yang baik untuk menyampaikan tuntutan mahasiswa dan mendengarkan tanggapan langsung dari Presiden terkait dengan tuntutan tersebut. Kami juga melihat dialog tersebut bukanlah menjadi langkah akhir mahasiswa dalam menjadi mitra kritis pemerintah. Momentum tersebut justru menjadi langkah awal dan gerbang untuk memulai langkah gerakan yang lebih strategis dalam mengawal dan mengkritisi kebijakan pemerintah,” ungkap Andi.

Dalam waktu yang singkat, Andi Aulia Rahman menyampaikan tuntutan yang menekankan pada soal penegakan hukum, kebijakan energi dan BBM
serta kesehatan (BPJS dan Kartu Indonesia Sehat).

“Meskipun secara lisan tuntutan BEM Se-UI tidak dapat disampaikan secara sempurna, tetapi kajian dari BEM Se-UI telah diterima oleh Presiden dengan penanda-tanganan kajian BEM se UI oleh Presiden. Presiden menjanjikan kajian tersebut akan menjadi prioritas,” ujar Andi. (eas)

Be the first to comment on "Inilah Alasan BEM UI Hadiri Undangan Makan Malam di Istana"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*