Timelapse Ala Google Tunjukkan Bagaimana Perubahan Suatu Tempat

time-lapse-2015-05-18-01

Bekasimedia – Setiap harinya jutaan hasil fotografi di tempat yang sama ditangkap dan diposting pada waktu yang sama di sosial media.

Mengambil foto yang sama di tempat yang sama pula mungkin terlihat membosankan, tetapi scientist mengklaim bahwasanya foto-foto ini akan memberikan pandangan yang berharga kepada kita untuk melihat bagaimana dari hari ke hari planet kita berubah.

Dikutip dari dailymail, sekarang Google membuat software yang bisa menggabungkan semua gambar itu untuk membuat sebuah rangkaian gambar atau timelapses yang menunjukkan perubahan-perubahan yang ada di sekitar kita.

“Pertama, kita kumpulkan sekitar 86 juta foto yang ditangkap dari tempat-tempat populer dalam pengambilan foto tersebut, dan kemudian kita susun satu persatu berurutan sesuai tanggal dan kita buat dalam satu angle yang sama.” Peneliti menulis dalam analisisnya. “Dan akhirnya kita sesuaikan keseluruhan pencahayaannya agar terlihat lebih sedap dipandang oleh mata yang melihatnya.”

Hanya foto yang menyertakan geo-location saja yang bisa digunakan, maka software akan bisa langsung untuk mencarinya, software ini baru membuat 10.000 timelapse dari sekitar 3000 tempat -tempat populer yang jadi objek pengambilan foto.

Proses penyatuan satu detail tempat timelapse memerlukan sekitar waktu 6 jam untuk menyusun kesemua gambar. “Kita bisa melihat perubahan bertahun-tahun hanya dalam beberapa detik, dan itu yang menakjubkan untuk saya,” jelas sang peneliti. (frb

Be the first to comment on "Timelapse Ala Google Tunjukkan Bagaimana Perubahan Suatu Tempat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*