Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi: Prioritaskan Pendidikan Karakter Dimulai Dari SD

IMG-20150519-WA0014

Bekasimedia – Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi, Daddy Kusrady pada hari pertama UN tingkat Sekolah Dasar mengatakan pentingnya menekankan pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan.

UN pertama SD serentak diikuti oleh 43.558 siswa dari 796 sekolah dasar negeri dan swasta. Bersamaan dengan digelarnya UN SD  dirinya mendorong pemerintah untuk menjadikan pendidikan karakter sebagai prioritas utama.

“Dewasa ini kita makin mendorong semangat dan upaya pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan karakter sebagai dasar pembangunan pendidikan. Semangat itu secara implisit ditegaskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN)  tahun 2005 – 2025,” ujarnya saat mengisi bincang pendidikan di Kampus STMIK Bani Saleh, Senin (18/05).

Lebih lanjut Daddy mengatakan pemerintah bisa menjadikan pembangunan karakter sebagai salah satu program prioritas pembangunan nasional. Pendidikan berkarakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlaq mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.

Hal ini sekaligus menjadi upaya untuk mendukung perwujudan cita-cita sebagaimana diamanahkan dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. “Pembiasaan itu dimulai dari membuat anak didik mengetahui (aspek kognitif, intekektual) tentang hal-hal yang benar dan salah, membuat anak didik mampu merasakan (aspek afektif, emosional)  nilai yang baik dan tidak baik, dan membuat mereka  bersedia melakukan (aspek psikomotorik, fisik),” ujarnya menambahkan.

Daddy berharap upaya itu tidak semata-mata dilakukan sekolah melalui rangkaian kegiatan belajar mengajar, melainkan melalui pembiasaan. “Dan sekolah memiliki peran dalam pengembangan pendidikan karakter dengan pembudayaan,” ujarnya sebagai buah refleksi hari kebangkitan nasional. (yp)

Be the first to comment on "Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bekasi: Prioritaskan Pendidikan Karakter Dimulai Dari SD"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*