Ibu-Ibu Kampung Sempu Cikarang Panen Sampah Setiap Bulan

IMG_20150517_165740 copy

Bekasimedia – Sampah kini menjadi sahabat ibu-ibu di Rt04/04 Kp.Sempu Pasir Gombong, Cikarang Utara Bekasi. Setiap bulan ditanggal 17 mereka panen raya sampah untuk dijual ke pengepul. Seperti aktivitas yang dilakukan pada Minggu (17/05), sore.

Menurut Atun (ketua Bank Sampah Sempu), selain lingkungan menjadi bersih ibu-ibu menjadi lebih produktif, dari aktivitas mengumpulkan sampah tersebut mereka mendapatkan ketrampilan membuat tas, dompet, kemoceng, tempat pensil dan kerajinan lain.

“Dulu sampah-sampah ini kita buang, tapi sekarang sejak ada bank sampah semuanya kita kumpulkan dan kita pilah. Uangnya ditabung, setiap enam bulan kita ambil. Selain itu juga kita punya keterampilan membuat barang-barang yang bahan bakunya dari sampah,’ tegas Atun.

Hingga bulan Mei 2015, panen raya sampah sudah dilakukan untuk yang ke-enam kalinya, setiap panen mereka mampu mengumpulkan uang rata-rata 1.5 Juta Rupiah.

Mandiri Daya Insani (MDI) sebagai rekanan Rumah Zakat (RZ) terus melakukan pembinaan setiap waktu agar pemberdayaan potensi untuk menanggulangi sampah lebih optimal. (mk)

Be the first to comment on "Ibu-Ibu Kampung Sempu Cikarang Panen Sampah Setiap Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*