World Lupus Day 10 Mei, Hari Raya Odapus Seluruh Dunia

world-Lupus-Day

Bekasimedia – Hari Minggu ini (10/05) diperingati dunia sebagai World Lupus Day. Hari peringatan terhadap penyakit lupus. World Lupus Day pertama kali dicanangkan pada tahun 2004 saat dewan internasional mempertemukan organisasi internasional yang fokus pada penyakit lupus dari 13 negara berbeda di Eaton, Inggris.

Pencanangan hari lupus sedunia untuk mengingatkan pemerintah di seluruh dunia agar meningkatkan dukungan dana mereka terhadap penelitian penyakit lupus, membangun kepedulian dan pelayanan terhadap para penderita lupus yang biasa disebut Odapus (Orang yang menderita penyakit lupus).

Di negara ini, “Lupus” sebagai nama sebuah penyakit masih kurang di kenal. Masyarakat Indonesia lebih mengenal lupus sebagai nama tokoh rekaan Hilman Hariwijaya dalam novel remaja terkenal tahun 90an. Lupus juga masih kalah tenar jika dibandingkan dengan kanker, HIV-AIDS, jantung dan nama penyakit lainnya.

Lupus berasal dari bahasa latin yang berarti serigala. Nama ini diambil karena gejala kemerah-merahan di wajah penderita Lupus yang menyerupai gigitan serigala, meskipun tidak semua odapus selalu mengalami hal ini.

Secara medis disebut SLE (Systemic Lupus Erythematosus), merupakan penyakit sistem daya tahan tubuh atau kekebalan (autoimun). Pada penderita Lupus, antibodi cenderung diproduksi berlebihan, sehingga bukannya menghalau penyakit yang datang tetapi justru menyerang organ tubuh sendiri, diantaranya : kulit, syaraf, otot persendian, mata, jantung, darah, hati, ginjal dan paru-paru.

Berdasarkan data Yayasan Lupus Indonesia, saat ini terdapat sekitar 1,5 juta orang penderita lupus di Indonesia. Dari angka 1,5 juta itu, 9 dari 10 odapus berkelamin perempuan. Jadi hanya sebagian kecil saja, laki-laki yang mengidap penyakit ini. Angka ini terus meningkat setiap tahunnya.

Menurut dokter pemerhati lupus dari Universitas Indonesia yang juga menangani HIV-AIDS dan kanker, Prof. Dr. Zubairi Djoerban, Sp.P.D, KHOM, angka itu diperkirakan akan terus meningkat karena belum ada obat maupun pencegahannya yang tepat, selain itu  perhatian pemerintah pun masih kurang terhadap lupus dan odapus.

Namun jangan terlalu khawatir untuk para odapus, karena penelitian tentang lupus terus dilakukan di seluruh dunia. Untuk manusia yang normal pun jangan khawatir karena lupus bukan penyakit menular.

Selamat hari lupus sedunia. Jangan pernah menyerah, Never give up! (*/eas)

Be the first to comment on "World Lupus Day 10 Mei, Hari Raya Odapus Seluruh Dunia"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*