Borussia Dortmund Pimpin Trend Sosial Media Antar Klub Bundesliga

borussia

Bekasimedia – Dengan like 12,5 juta orang di Facebook dan 1,5 juta followers twitter tidak terlalu buruk untuk klub yang sekarang duduk diposisi ke 10 klasemen sementara Bundesliga, Borussia Dortmund.

Tetapi angka-angka itu tidak datang tanpa kerja keras. Orang-orang yang bertanggung jawab atas gelombang Sosial Media ini adalah David Gorges dan timnya di kantor Borussia Dortmund, di salah satu sudut stadion fenomenal yang ada di Jerman Signal Iduna Park mereka memulainya.

Walau mereka membuka akun Facebook pada tahun 2007, tetapi mereka baru memperlihatkan keseriusan di akun fanpage mereka mulai tahun 2011 dengan branding menggunakan akronim mereka BVB.

“itu adalah pertama kalinya klub ini mulai serius untuk merencanakan strategi marketing klub melalui sosial media,” Ujar Gorges kepada media.

Sejak saat itu, klub membuat gayanya sendiri dalam berinteraksi dengan fans di sosial media, dengan gaya postingan yang tidak kaku dan sedikit nakal. Tidak seperti para kompetitornya yang menggunakan bahasa PR (Public Relations) resmi dalam postingannya justru BVB berinovasi dengan berinteraksi dengan para fans selayaknya teman.

“Pendekatan kami di sosial media sangat berbeda dengan klub lainnya. Ini datang dengan cara kami memandang bagaimana mengkondisikan diri ketika kami sudah masuk ke ruang lingkup yang fans inginkan,” kata Gorges menjelaskan. “Pemasaran yang kami lakukan akan terasa sangat nyata untuk fans dan memang inilah gaya kami yang berbeda dengan klub lain.” tambahnya.

Twitter adalah tempat dimana Dortmund merasakan apa yang fans mereka rasakan, dengan hanya 140 karakter mereka mampu menulis twit-twit yang berisi lelucon dimana itu menjadi sangat krusial di era sosial media saat ini.

Mampu memberikan gaya yang berbeda menjadi vital bagi mereka. Dan tentunya staff yang ada dibalik itu semua mengerti bahwa twit lelucon mereka hanya di tuliskan pada momen tertentu saja.

“Ketika kami berada di posisi buncit di Bundesliga, itu merupakan bagian tersulit untuk mereka. Kami memberikan sedikit hiburan untuk para pendukung di sosial media,” ungkapnya.

Tetapi mereka yakin bahwa yang sering membaca tulisan-tulisan itu adalah mereka yang mengerti filosofi apa yang sebenarnya klub bawa.

“Kami tidak menggunakan media sosial ini untuk kami sendiri. Kami berpikir menggunakannya agar para fans terhibur dan turut senang, dan itu merupakan hal yang terpenting,” tutup Gorges. (frb)

1 Comment on "Borussia Dortmund Pimpin Trend Sosial Media Antar Klub Bundesliga"

  1. pas baca ini langsung liat twitternya..
    eh bener, paling beda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*