PJB Muara Tawar Ajarkan Warga Bekasi Gunakan Solar Cell

lptu

Bekasimedia – Sebagai bentuk tanggung jawab akan pelestarian lingkungan serta upaya penghematan energi, Forum Bahagia Peduli yang difasilitasi oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Bekasi dan CSR PT. PJB Muara Tawar menggagas berbagai program peduli lingkungan seperti pembagian 2.000 bibit pohon, 1 kepala keluarga 1 pohon, percontohan fasum terpadu, 3R (reduce-reuse-recycle), serta pengelolaan Solar Cell.

Solar Cell atau sel matahari merupakan program pemanfaatan sinar matahari untuk sumber energi listrik. Dan program ini dirasa tepat diperkenalkan kepada masyarakat kota dan kabupaten Bekasi karena cocok dengan kondisi cuacanya.

Penggagas Solar Cell dari PT PJB Muara Tawar, Hendrik, mengatakan bahwa program tersebut tidak hanya ingin mengajak masyarakat untuk melakukan aksi penghijauan tetapi memberi satu nilai plus tentang upaya menghemat dan bijak energi.

Jika paradigma yang berkembang selama ini bahwa pembuatan solar cell itu mahal dan hanya ada di level yang lebih atau di level beberapa orang saja, dengan bahan-bahan yang sulit didapat, Hendrik mengatakan bahwa masyarakat pun sebenarnya bisa mendesainnya dari komponen-komponen yang ada di sekitar. Ini sekaligus berkaitan dengan program 3 R, reduce, reuse dan recycle. Tentang pengelolaan dan pemanfaatan barang-barang bekas (sampah, limbah dan lain-lain) yang ada di sekitar. Itulah konsep yang ingin disebarkan terkait solar cell.

“Jika animo masyarakat bisa menangkap positif, kedepannya kami berharap bisa sharing,” kata Hendrik kepada Bekasimedia di acara Car Free Day Ahmad Yani pada Minggu (03/05).

“kedepannya kami  ingin mengembangkan suatu tempat  percontohan untuk bagaimana mengelola fasum terpadu. Jadi masyarakat bisa menikmati penghijauan itu sendiri dan percontohan solar cell,” lanjutnya.

Saat ditanya mengenai kaitan program ini dengan program pemerintah Kota Bekasi untuk membuat 1000 taman dan satu juta biopori, Forum Bahagia Peduli kembali mengutarakan bahwa program CSR PJB Muara Tawar bersama Forum Bahagia Peduli sangat berkaitan dengan program Pemkot Bekasi. Oleh karena itu, rencana kedepan, CSR Muara Tawar beserta Forum Bahagia Peduli akan terus berbagi momen di berbagai event menarik seperti Car Free Day maupun Hari Lingkungan Hidup.

“Intinya kami  dari manajemen mendukung apa yang menjadi program Forum Bahagia Peduli,” ucap manager CSR UP Muara Tawar kepada Bekasimedia pada (05/05).

Saat ini, pengelolaan dan proyek percontohan Solar Cell serta Fasum Terpadu Forum Bahagia Peduli yang difasilitasi CSR PJB Muara Tawar bertempat di Kantor sekretariat Forum Bahagia Peduli, Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara. (paw/anr)

Be the first to comment on "PJB Muara Tawar Ajarkan Warga Bekasi Gunakan Solar Cell"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*