Hari Palang Merah sedunia; Membumikan 7 Prinsip Untuk Aksi Bantu

IMG-20150508-WA0040

Bekasimedia – 8 Mei diperingati sebagai Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia. Tanggal 8 juga merupakan hari lahir penggagas palang merah dunia, Jean Henry Dunant. Sekaligus mengenang dan mencontoh jasa-jasanya membantu sesama.

Palang Merah mempunyai prinsip dasar yang sudah pasti dipahami betul oleh anggota palang merah. Tujuh prinsip dasar kepalangmerahan untuk beraksi membantu sesama tersebut adalah kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan. Atas dasar 7 prinsip itulah anggota Palang Merah beraksi membantu sesama.

Menurut Plh. Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita di laman pmi.or.id, prinsip tersebut tidak hanya sebagai pedoman bagi PMI, namun juga diterapkan dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan PMI dalam membantu masyarakat saat bencana maupun konflik.

Lebih lanjut Ginandjar menegaskan, Prinsip dasar ini juga digunakan PMI untuk menjalankan setiap program-program berbasis masyarakat untuk menjangkau masyarakat rentan, agar mereka dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan program dan merasakan manfaatnya.

Palang Merah selama ini memang dikenal sebagai gerakan kemanusiaan yang bertugas membantu saat terjadi peperangan atau konflik. Tidak hanya pada saat itu, Palang Merah juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan lainnya. Seperti pelayanan transfusi darah, membantu korban bencana alam, melakukan layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dan lain sebagainya.

Palang Merah Indonesia membuka kesempatan kepada masyarakat luas untuk turut serta menjadi penolong bagi sesamanya yang membutuhkan. (anr)

Be the first to comment on "Hari Palang Merah sedunia; Membumikan 7 Prinsip Untuk Aksi Bantu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*