Lembaga Kemanusiaan PKPU Berangkatkan 14 Relawan ke Nepal

IMG-20150502-WA0007

Bekasimedia – Salah satu lembaga sosial dan kemanusiaan dari Indonesia PKPU telah memberangkatkan tim medis dan rescue sebanyak 14 orang ke Kathmandu, Nepal pada Rabu (29/04).

Mereka yang terdiri dari tim pencarian dan penyelamatan (SAR)  5 orang, tim Medis 6 orang dan 3 orang relawan lokal membantu pencarian korban dan pelayanan medis di pengungsian.

Sampai dengan hari Sabtu (02/05), dilaporkan banyak personil relawan termasuk tim love for Nepal PKPU yang bergabung dalam misi ini, mereka berasal dari berbagai negara diantaranya dari Bulgaria, Italia dan negara tetangga Malaysia.

Akibat gempa susulan dan banyaknya bangunan yang runtuh membuat sebagian besar warga Nepal mendirikan tenda di luar rumah. Kondisi perekonomian di Nepal belum sepenuhnya pulih sejak gempa dahsyat yang terjadi beberapa hari yang lalu.

Banyak lokasi bencana yang belum terjangkau bantuan karena kondisi geografis, putusnya akses jalan dan kesulitan jaringan komunikasi, seperti yang terjadi di wilayah Gurkha.

“Masih banyak lokasi yang belum terjangkau oleh bantuan kemanusiaan khususnya di wilayah Gurkha karena kondisi geografis perbukitan, jaringan komunikasi yang terhambat bahkan akses jalan yang terputus,”  sebagaimana dituturkan Mayin, relawan asal Gurkha yang dilansir dari situs PKPU.

Gempa bumi Nepal  pada Sabtu 25 April 2015 adalah sebuah gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter.  Gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal–Bihar 1934.

Setidaknya 1.523 orang tewas menjadi korban akibat dari gempa bumi tersebut yang dikabarkan mengguncang Nepal dan beberapa wilayah India, Tiongkok, dan Bangladesh. Bangunan tua dan situs warisan dunia di Lembah Kathmandu juga hancur akibat gempa bumi dahsyat tersebut. (mk)

Be the first to comment on "Lembaga Kemanusiaan PKPU Berangkatkan 14 Relawan ke Nepal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*