Indonesia Indicator: Said Iqbal, Tokoh Buruh Paling Berpengaruh di Media

Bekasimedia – Indonesia semakin berkembang menjadi negara Industri. Sejalan dengan hal itu, jumlah buruh dan kekuatan serikat pekerja semakin diperhitungkan. Terlebih pasca reformasi, buruh mendapatkan angin kebebasan untuk berkembang dan mencari bentuk terbaiknya. Kini ada banyak nama serikat pekerja yang menyuarakan kepentingan buruh.

image

Lembaga riset Indonesia Indicator mencatat organisasi buruh yang paling vokal menyuarakan isu buruh dalam pemberitaan adalah KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia). KSPI dikutip sebanyak 1.755 pemberitaan di media. “Pemberitaan terkait tuntutan buruh yang diwakili KSPI diantaranya masalah outsourcing dan penolakan besaran persen angka dana pensiun yang ditetapkan pemerintah,” ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang saat memaparkan hasil penelitian bertajuk “Buruh: Tuntutan tanpa Henti” di Jakarta, Jumat (01/05) seperti dikutip dari siaran pers KSPI.

Selain KSPI, organisasi buruh lainnya yang paling sering dikutip media adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) sebanyak 1.190 berita, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) 832 berita, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) 760 berita, Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) 749 pemberitaan, Migrant Care 551, dan masih banyak lagi.

Sejalan dengan organisasi buruh yang paling vokal, Presiden KSPI Said Iqbal dinobatkan menjadi tokoh buruh yang paling berpengaruh di media dengan jumlah pernyataan sebanyak 2.564. Posisi berikutnya, Anis Hidayah (Direktur Eksekutif Migrant Care) sebanyak 1.465 pernyataan, Muhammad Rusdi (Sekjen KSPI) 681 pernyataan, Mudhofir (Presiden KSBSI) 631 pernyataan, Andi Gani Nena Wea (Presiden KSPSI) 622, Wahyu Susilo (Analis Kebijakan Migrant Care) 366, dan Iwan Kusmawan (Ketua DPP SPN) 252 pernyataan.

Said Iqbal adalah pemegang gelar Magister Ekonomi dari Universitas Indonesia. Bertahun-tahun Ia memilih jalan hidup  sebagai aktivis buruh. Sebelum berperan di KSPI, Ia terlebih dahulu membangun FSPMI yang kini menjadi bagian dari KSPI. (*/eas)

Be the first to comment on "Indonesia Indicator: Said Iqbal, Tokoh Buruh Paling Berpengaruh di Media"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*