Unti Moncombulo, Makanan Khas Makassar Pelepas Dahaga di Bulan Puasa

psang ijo

Bekasimedia- Sabtu (2/4/15) ini, bila Anda melewati Jalan Nusantara Raya, Perumnas 3, Arenjaya, Bekasi Timur, tepatnya di depan Alfamidi sebelum pom bensin, cobalah mampir sejenak di kedai Pisang Ijo Makassar yang cukup populer saat ini. Apalagi, saat bulan puasa menu di kedai ini menjadi menu pembuka favorit pelepas dahaga.

Pisang dalam bahasa Makassar disebut dengan Unti sedang Ijo disebut Moncombulo, sehingga Unti Moncombulo artinya Pisang Ijo.
Pisang Ijo adalah menu makanan berbahan dasar pisang kepok atau pisang raja kemudian dibalut dengan adonan tepung tipis serupa dadar yang telah diberi warna hijau hasil perasan daun pandan. Pisang berbalut adonan tersebut lalu dibaluri saus kental berwarna putih dengan rasa manis yang disebut fla. Belum selesai dengan guyuran fla kental nan manis, pisang ijo tidak akan lengkap tanpa tambahan serutan es yang kemudian diberi sirup merah manis beraroma pisang ambon.

Diah, sang pemilik kedai menjual semangkuk es pisang ijo dengan harga cukup murah yakni Rp. 8000. Dengan harga murah, sudah bisa membuat perut kenyang yang menyantapnya. Karena pisang sendiri mengandung zat tepung pektin yang bisa membuat Anda merasa kenyang cukup lama.

Jelang bulan puasa nanti makanan ini bisa menjadi referensi menu buka puasa keluarga Anda dan sangat cocok untuk mengembalikan vitalitas tubuh kita setelah berpuasa seharian. (dns)

Be the first to comment on "Unti Moncombulo, Makanan Khas Makassar Pelepas Dahaga di Bulan Puasa"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*