Hari Buku di Tengah Ironi Pesta Bikini Pelajar

Hari-Buku-Sedunia-20131114-142651

Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia barangkali tidak sepopuler Hari Kartini atau Tanggal penting lainnya di Indonesia. Akan tetapi, beberapa pengguna jejaring sosial seperti twitter dan facebook hari ini, sudah mulai meng-update cuitan dan status dengan hashtag #haribukusedunia yang jatuh pada tanggal 23 April.

Hari Buku dan Hak Cipta ini didedikasikan bagi mereka yang bergerak di dunia literasi. Sejatinya, Hari Buku dekat dengan dunia pelajar. Karena Hari Buku ini menjadi salah satu momentum yang bisa menjadi acuan semangat membaca generasi muda.

Sayangnya, Di tengah kegembiraan para pecinta buku dan penggiat literasi yang dengan karyanya mampu menorehkan prestasi di kancah dunia, kabar kurang mengenakan terdengar dari dunia pendidikan. Setelah media dihebohkan dengan perilaku menyimpang beberapa siswa, seperti tawuran dan pesta seks setelah UN, kini, media kembali diramaikan dengan sebuah invitation dari sebuah EO di jejaring Youtube yang mengadakan sebuah event bertema “Splash After Class” yang mengajak sejumlah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Jakarta dan Bekasi untuk berpesta dengan dresscode bikini selepas UN di salah satu hotel di Jakarta tanggal 25 April mendatang. Acara tersebut rencananya akan dimeriahkan oleh penampilan beberapa DJ.

KPAI, seperti dilansir dari detik.com mengecam tersebarnya undangan tersebut dengan mengimbau polisi untuk mengamankan acara tersebut jika benar terjadi.

Meskipun video invitation tersebut sudah tidak bisa diakses lagi, dan pihak hotel telah membatalkan acara tersebut, KPAI tetap mengimbau orangtua dan pihak sekolah melakukan langkah-langkah pencegahan.

Jika demikian mirisnya kondisi generasi muda Indonesia, maka momen Hari Buku, semangat Hari Kartini dan jelang Hari Pendidikan ini barangkali belum berpengaruh apa-apa terhadap dunia pendidikan Indonesia.

Dunia pendidikan kembali diajak berbenah menuju tajamnya pengaruh ilmu pengetahuan di dalam diri tiap pelajar.

Selamat Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia! semoga semua peristiwa dapat menjadi pembelajaran berharga bagi kemajuan pendidikan Indonesia.

Ani Rohimah
Guru SD di Pondok Gede

Be the first to comment on "Hari Buku di Tengah Ironi Pesta Bikini Pelajar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*