Meriahkan Hari Kartini, Anak-anak SD di Jatimakmur Berpakaian Adat

image

Bekasimedia – Hari Kartini, selain bisa menjadi ajang pengingat akan jasa-jasa Kartini, juga bisa menjadi ajang memperkenalkan budaya daerah kepada anak-anak. Seperti terlihat di SDIT dan TKIT RAMU, Jatimakmur, Pondok Gede hari ini.

Selasa (21/4) ini suasana sekolah tampak berbeda dari hari biasanya karena semua warga sekolah diwajibkan mengenakan pakaian adat dari Sabang sampai Merauke atau pakaian yang mencirikan profesi seperti dokter, tentara, pemadam kebakaran, hingga da’i.

Sebagai perempuan yang memberi banyak inspirasi, Kartini di mata anak-anak dianggap sebagai pahlawan yang menggaungkan semangat eksistensi perempuan di dalam kehidupan.

“Tujuan dari acara ini ya sesuai dengan temanya ya semangat Hari Kartini. Bahwa seorang Kartini bisa membuktikan bahwa beliau total memajukan bangsa. Ya diharapkan anak-anak bisa mencontoh pribadi beliau sebagai anak bangsa. Tidak dinafikan memang bahwa perjuangan tidak terbatas pada laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, di sini, tidak hanya anak perempuan tapi juga anak laki-laki diharapkan bisa mencontoh kecerdasan dan kerja nyata Kartini,” ujar Fitria Komalasari, Guru Bidang Keagamaan di SDIT Ramu.

Bukan hanya mengenakan pakaian adat, siswa-siswi dan guru juga diperkenankan mengikuti lomba Fashion Show dan Tanya Jawab Seputar Kebudayaan.

Siswa-siswi RAMU tampak antusias menyambut hari Kartini ini. Salah satunya seperti diungkapkan Naquesha, siswi kelas 5. Saat ditanya mengenai siapa Kartini? ia menjawab bahwa Kartini adalah tokoh perempuan Indonesia yang hebat.
Terkait acara di sekolahnya, gadis yang biasa dipanggil Ucha ini menyatakan bahwa acara tersebut seru karena berbeda dari hari biasanya. Jika biasanya sehari-hari mengenakan seragam, hari ini memakai baju adat. (anr)

2 Comments on "Meriahkan Hari Kartini, Anak-anak SD di Jatimakmur Berpakaian Adat"

  1. wah anak saya ridwan juga ikut nih

Leave a comment

Your email address will not be published.


*