Foto Tercipta dari Imajinasi Fotografer

Foto Adhy

Bekasimedia – Fotografi saat ini berkembang dengan pesat, hampir semua lapisan masyarakat mengenal dan berinteraksi dengan dunia fotografi, Potret memotret sudah menembus batas usia, gender, bahkan tingkat ekonomi. Fenomena ini berkembang pesat saat teknologi kamera smart phone semakin marak.

Dalam ilmu dasar fotografi ada beberapa hal yang dipelajari yaitu:

1. Segitiga Exposure meliputi Iso, Aperture dan Shutter Speed,
2. Angle (sudut pengambilan gambar)
3. Komposisi.

Namun pada artikel ini tidak akan membahas hal-hal tersebut, pada artikel ini akan membahas hal yang jauh lebih mendasar dari ketiga hal tersebut yaitu membangun dan melatih daya imajinasi dan sensitifitas “rasa” dalam melihat sebuah objek foto.

Seorang fotografer berusaha mencipta sebuah gambar dalam imajinasinya sebelum menekan tombol shutter pada kamera, hal ini akan menghasilkan originalitas rasa dalam foto tersebut.

Fotografer juga akan mampu menyampaikan kepada penikmat foto hal apa yang akan disampaikan dalam foto tersebut baik pesan moral, keindahan atau sebuah cerita lain dalam foto tersebut.

Di bawah ini beberapa tips yang bisa dicoba sebelum mengambil foto sebuah objek yang bisa dilakukan adalah :

1. Amati objek yang akan difoto
2. Amati apa yang indah/bagus/unik dari objek foto tersebut
3. Pilih hal yang indah/bagus/unik tesebut sebagai objek utama
4. Apa yang akan disampaikan dalam foto tersebut
5. Eksekusi dengan tenang dan tidak terburu-buru
6. Lihat hasilnya di layar kamera, apakah sesuai dengan apa yang ada dalam imajinasi anda
7. Jika belum sesuai ulangi lagi sampai mendekati apa yang ada dalam imajinasi

Sebagai contoh adalah foto di atas ingin menunjukan keindahan langit dan bentuk jembatan yang indah, maka terciptalah foto tersebut, di mana pola/kurva jembatan mengantarkan mata orang yang melihat foto kepada keindahan langit.

Fotografi adalah seni bukan sesuatu yang eksak, sehingga tidak ada kata benar dan salah, tapi suka atau tidak suka, sehingga penilaian atas sebuah hasil foto akan sangat beragam. Dalam masa latihan jangan sungkan untuk berdiskusi dan meminta masukan dari keluarga, teman dekat atau sesama pecinta dunia fotografi, dengan demikian kemampuan menghasilkan foto yang indah akan terus berkembang, jangan takut hasil foto dinilai kurang bagus, karena proses belajar tak pernah berakhir, tetap semangat dan tetap menghasilkan keindahan dalam sebuah foto. (dhy)

Be the first to comment on "Foto Tercipta dari Imajinasi Fotografer"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*