Waspadalah, Prostitusi Online Semakin Marak

Prostitusi Online

Bekasimedia – Prostitusi merupakan penyakit sosial, pergeseran nilai dan penyimpangan seks yang terus ada disetiap generasi peradaban manusia. Keberadaannya berkembang sejalan dengan laju perkembangan kehidupan manusia masa kini dengan berbagai jenis medianya. Ketika sosial media semakin diterima masyarakat, ketika itu pula prostitusi online ikut tumbuh.

Melalui media sosial yang akrab di kalangan masyarakat Indonesia seperti Twitter, para PSK Online ini (yang rata-rata masih muda) dengan vulgar menawarkan diri melalui bio dan status mereka di jejaring sosial yang mereka miliki tanpa risih dan malu.

Baru-baru ini, kasus psk online mencuat setelah terjadi sebuah pembunuhan di Jakarta yang dilakukan oleh seorang pelanggan kepada seorang penjaja sex online karena hal sepele.

Kehidupan memang kian hari semakin sulit, apalagi bagi mereka yang tinggal di Ibukota Jakarta dan tergoda dengan kehidupan glamour.Selain kondisi ekonomi yang menjadi salah satu pemicu prostitusi, kemudahan komunikasi dengan biaya murah seperti melalui media sosial ini jelas menjadi pilihan mereka.

“Karena lapangan pekerjaan nggak ada, yang paling gampang kerja melakukan itu (PSK), apalagi fasilitas yang paling memungkinkan di Jakarta adalah melalui jalur online,” tandas Prabowo Sunirman, anggota DPRD DKI sebagaimana dilansir dari rimanews.

Menjajakan diri lewat twitter tidak mudah dikontrol oleh pemerintah, karena tidak bisa langsung memblokir akun sosmed ini dan jalur yang ditempuh cukup rumit, tidak semudah memblokir situs porno.

Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah bantuan dari masyarakat untuk melaporkan akun sosmed yang terindikasi melakukan prostitusi secara online kepada pihak yang berwenang.

“Ini tantangan buat pemerintah, mengelola media sosial untuk lebih baik. Harus ada pendekatan ke Twitter agar jalur blokir bisa lebih ┬ámudah. Selain itu Pemerintah bangun komunikasi pada media sosial lainnya,” kata Pengamat Media Sosial dari Public Virtue Indonesia, John Muhammad dikutip dari suaracom.

Pendidikan agama yang kuat dan keteladanan dari para orang tua, juga kontrol yang baik terhadap anak-anak akan menjadi salah satu rem agar tidak terjerumus masuk ke dalam kubangan penyakit sosial bernama prostitusi.

Prostitusi online saat ini menjadi PR pemerintah, masyarakat dan para orang tua karena makin hari makin sulit diberantas, penyebaran prostitusi online sudah sedemikian masifnya di sosial media akhir-akhir ini.(mk)

Be the first to comment on "Waspadalah, Prostitusi Online Semakin Marak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*