Lewat Kongsi, Era Kebangkitan Budaya Bekasi Dimulai

kongsiBudayaGedungJuang04

Bekasimedia – Bertempat di Gedung Juang Tambun  Bekasi, Jumat malam (10/04) lalu, budayawan, sastrawan dan masyarakat Bekasi bersilaturahim.  Tokoh yang hadir antara lain; Ridwan Marhid ketua Dewan Kesenian Bekasi, Abdul Khoir, Iswandi Ihsan dan Komarudin Ibnu Mikam yang mewakili budayawan Bekasi serta Ibrahim Sada ketua Pangsi Bekasi. Ada juga Agus Trihono, KADISPORABUDPAR Kabupaten Bekasi.

Menurut ketua panitia Kongsi ke II, Ridwan Abbas,  Pertemuan yang diberi nama Kongsi ini menyatukan visi yang berbeda tapi dengan niatan yang satu bagaimana bisa menjaga, melestarikan budaya dan juga memberdayakan budaya dan nilai kearifan lokal Bekasi.

Senada dengan Ridwan Abbas. Komarudin Ibnu Mikam selaku inisiator Kongsi, mengajak masyarakat yang datang untuk mengangkat budaya Bekasi dan berani tampil.

“Mari kita angkat kampung kita, jangan pernah malu jadi orang kampung Bekasi. Hari ini kita datang tiap minggu mungkin tiap bulan, kita nyatakan sebagai orang Bekasi, kita jadikan suasana-suasana budaya, suasana intelektual, suasana sastra dimana budaya Bekasi yang katanya kasar kita buktikan disini. Kita tampilkan di sini kesantunan orang bekasi,” ungkap budayawan kelahiran Kampung Dua Jakasampurna Bekasi Barat ini.

Lurah Desa Srijaya Tambun Utara, Ibrahim Sada selaku Ketua Pangsi menjelaskan bahwa kegiatan ini mempersatukan kawan-kawan pecinta Bekasi dan dua dewan kesenian, kabupaten dan kota Bekasi. Beliau juga berharap Gedung Juang bisa dijadikan sebagai pusat budaya Bekasi. (i)

Be the first to comment on "Lewat Kongsi, Era Kebangkitan Budaya Bekasi Dimulai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*