Mendikbud Himbau Pelaksanaan UN yang Jujur

image

UN berbasis komputer (CBT) di SMAN 5 Kota Bekasi (13/04).

Bekasimedia – Dalam setiap gelaran Ujian Nasional biasanya berembus kabar kecurangan. Dari bocornya soal UN hingga manipulasi nilai dengan alasan kasihan kepada siswa.

Meskipun Mendikbud sudah menyatakan bahwa nilai UN bukan penentu kelulusan, namun nilai UN akan jadi pertimbangan ketika siswa akan masuk ke PTN. 

Seperti dikutip dari laman kemdikbud.go.id bahwa setiap sekolah akan memperoleh indeks integritas masing-masing yang akan memperlihatkan tingkat kejujuran sekolah tersebut dalam melaksanakan UN. Makin tinggi indeks integritas, makin tinggi pula kejujuran pelaksanaan ujian.

 “Indeks integritas sekolah dalam melaksanakan UN akan diberikan kepada sekolah dan Pemda, serta khusus untuk SMA sederajat disampaikan ke PTN,” kata Mendikbud pada rapat kerja dengan Komisi X DPR RI di Kantor DPR RI, Jakarta, Senin (06/04).

Mendikbud menghimbau para siswa untuk mempersiapkan diri dengan baik jelang UN, Ia berpesan agar siswa juga jangan lupa untuk tidur yang cukup di samping belajar dengan tekun di hari-hari menjelang UN. Mantan rektor universitas Paramadina tersebut juga mengimbau kepada para orangtua dan pihak sekolah untuk membantu mempertahankan kejujuran. (anr)

Be the first to comment on "Mendikbud Himbau Pelaksanaan UN yang Jujur"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*