Selain Naruto, Ada Guru Bangsa Cokroaminoto di Blitzmegaplex Bekasi

image

Bekasimedia – Setelah film layar lebar Doraemon Stand By Me sukses dipasarkan di Indonesia, kini jaringan bioskop Blitz Megaplex kembali menghadirkan “pahlawan” lain dari Manga Jepang berjudul The Last: Naruto The Movie yang menyasar kalangan remaja.

Akhir pekan ini, (11/04), Selain Naruto, ada Fast and Furious 7 yang tak kalah mentereng dan 2 film Indonesia yang tak kalah seru, Filosofi Kopi yang diangkat dari novel karya novelis terkenal Dewi ‘Dee’ Lestari dan film arahan sutradara Garin Nugroho yang mengangkat kisah hidup Guru Bangsa Cokroaminoto, pahlawan yang berjasa besar dalam pembentukan bangsa ini.

Cokroaminoto bernama lengkap Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto atau yang kita kenal dengan nama H.O.S Cokroaminoto dalam buku pelajaran sejarah. Beliau lahir di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, 16 Agustus 1882. Ia merupakan seorang pemimpin salah satu organisasi yaitu Sarekat Islam (SI).

Sarekat Islam merupakan organisasi modern terbesar di tanah Hindia Belanda saat itu. Anggotanya menembus angka jutaan. Sistem administrasinya rapi. Dari SI kemudian muncul tokoh-tokoh besar dengan beragam pemikiran. Soekarno, Agus Salim, Tan Malaka, Semaun, hingga Kartosoewiryo pernah berguru pada Cokroaminoto dan menjadi anggota Sarekat Islam. Di kemudian hari, murid-muridnya ini berbeda pandang dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dari gurunya itu.

Dalam proses perjuangannya menjemput kemerdekaan, Cokroaminoto fokus pada kemandirian ekonomi dan pendidikan. Saat itu, sebagi bangsa terjajah, tingkat ekonomi dan  pendidikan pribumi negeri ini masih kalah jauh. Dari jutaan kaum muda, paling bisa dihitung yang bisa bersekolah, membaca dan menulis. Dalam perjuangannya, Cokroaminoto terinspirasi dari Alquran yaitu “Iqro” dan “Hijrah”.

Kini, Garin Nugroho mengangkat kisah hidup beliau kedalam film yang sayang untuk dilewatkan. Ada aktor penuh bakat Reza Rahadian yang berperan sebagai Cokroaminoto, ada juga aktor-aktor besar seperti almarhum Alex Komang, Christine Hakim, Sujiwo Tejo dan Dedi Petet. Serta aktris yang sedang naik daun Chelsea Islan dan keturunan Cokroaminoto, Maya Estianty.

Jadi anak muda, jika engkau lelah mengantri beli tiket film Naruto, bolehlah kiranya engkau tengok antrian di sebelah. Rasa-rasanya, belajar sejarah jauh lebih nyaman di dalam studio dibandingkan dengan mendengarkan guru di dalam kelas. Mengetahui bagaimana Cokroaminoto berusaha mengangkat derajat bangsa ini, akan membangkitkan semangat kita yang saat ini menikmati jasanya. (eas)

Be the first to comment on "Selain Naruto, Ada Guru Bangsa Cokroaminoto di Blitzmegaplex Bekasi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*